Tertibkan Pelajar Pengendara Motor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tertibkan Pelajar Pengendara Motor

Tertibkan Pelajar Pengendara Motor

Written By Mang Raka on Kamis, 11 Agustus 2016 | 17.00.00

TEGALWARU,RAKA - Karena tidak adanya angkutan umum pelajar terpaksa menggunakan sepeda motor. Sayangkan mereka tidak dibekali pengetahuan mengenai undang-undang lalulintas, sehingga sadar tertib lalulintasnyapun minim dan sering kebut-kebutan ketika mengendari motornya dan membahayakan pengendara lain.

Hal itulah yang menjadi keluhan, bahkan di sejumlah tempat aktivitas mereka telah mengganggu proses belajar anak-anak sekolah dasar juga warga yang sedang beraktivitas. Seperti diungkapkan Kamal (32) Warga Kampung Cipeuteuy, saat ini hampir 75 persen pelajar yang menggunakan motor dan hampir rata-rata mengendarai kendaraannya secara ugal-ugalan tanpa mengindahkan peraturana lalulintas. "Keadaan adalah realitas. Orang tua mereka tidak akan membelikan motor jika ada transportasi yang bisa membawa mereka sampai ke sekolah," ucapnya, Rabu (10/8).
Demikian pun Ujang Kodir (50) warga di kampung yang sama. Dirinya, mengeluhkan para pengendara ugal-ugalan. Anak satu-satunya mengalami kecelakaan ditabrak pengendara motor yang kebut-kebutan ketika sepulangnya dari kebun. Beruntung tidak sampai hal yang paling membahayakan, dan anaknya bisa ditolong. "Makanya saya kadang bawel pada tetangga-tetangga saya agar anaknya lebih baik menggunakan ojeg karena lebih aman dan nyaman. Tidak dibiarkan menggunakan motor sendiri yang nantinya malah dibuat kebut-kebutan," katanya.
Hal yang sama pun di utarakan Marong (35) yang setiap hari beraktivitas menggunakan sepeda motor. Kalau pagi memang jalan raya di dominasi oleh pelajar yang mengendarai motor hingga warga rentan dengan kecelakaan. Itu karena cara pelajar dalam mengendarai kendaraan belum mengerti etika berlalulintas, selain memang belum boleh karena belum memiliki surat izin mengemudi.
"Kini tinggal menunggu ketegasan dan formulasi yang baik bagaimana pemerintah punya cara agar ada pemecahannya terhadap persoalan ini. Sementara di wilayah dua kecamatan ini kendaraan pelajar tidak efektif dan sekarang malah mangkrak dan tidak jelas bagaimana kelanjutannya. Seharusnya banyak memberi pemahaman, baik sekolah maupun kepolisian agar diketahui pula oleh para orang tua siswa," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template