Sukajaya Sudah Boleh Garap Sawah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sukajaya Sudah Boleh Garap Sawah

Sukajaya Sudah Boleh Garap Sawah

Written By Mang Raka on Senin, 15 Agustus 2016 | 15.30.00

-Sertifikat Urusan BPN

CILAMAYA KULON, RAKA- Lewat penjagaan ketat ratusan personil kepolisian dan pol PP, pelaksanaan eksekusi sawah bengkok Desa Sukajaya- Sukakerta berakhir Jumat (12/8) kemarin. Hak sawah bengkok Desa Sukajaya di Dusun Tengkolak seluas 3,1 hektar sebagaimana amanah SK Bupati nomor 593/Kep.699-Huk/2015, sudah dipatok dan diukur kedua belah pihak dan disaksikan langsung Camat Cilamaya Kulon dan Cilamaya Wetan. Kini, paska eksekusi, kondisi sawah yang tak jauh dari laut itu sudah basah, pemerintah Desa Sukajaya ingin segera dilakukan penggarapan di musim tanam ini.
Kades Sukajaya, Abdul Gofur Astra mengatakan, setelah penandatanganan berita acara dan pengukuran hak bengkok atas desanya sebagaimana SK Bupati, maka secara jelas semua pihak termasuk warga dan pemerintah Desa Sukakerta sudah tahu bahwa sawah seluas 3,1 hektar di Tengkolak, resmi menjadi milik Desa Sukajaya.
Pihaknya berharap, paska pelaksanaan eksekusi dan pengukuran yang disaksikan keduabelah pihak, tidak ada masalah yang berbuntut lagi, karena sebagaimana sarannya dalam berita acara, tidak ada lagi rekonsiliasi yang akan ditinjau ulang. Sehingga, sudah disepakati bahwa pengukuran kemarin ditindaklanjuti BPN dan disertifikatkan. "Kita inginkan kondusifitas di lapangan terjaga dengan baik setelah kemarin resmi dilakukan eksekusi," tandas dia.
Lebih jauh Gofur menambahkan, ia yakin semua pihak sudah tahu kalau yang kemarin diukur adalah hak Sukajaya. Sehingga walaupun belum tersertifikatkan sekalipun, ia optimis bahwa menggarap sawah bengkok 3,1 hektar di musim tanam ini bisa disegerakan. "Kita inginnya cepat bisa segera menggarap sawah yang semua tahu sudah menjadi hak kita," katanya.
Kasie Trantib Kecamatan Cilamaya Kulon, Acep Karimullah menuturkan bahwa mengenai kepastian boleh tidaknya digarap, Acep memastikan boleh digarap dengan alasan sudah dipasang plang sawah bengkok Desa Sukajaya. Lagi pula soal urusan sertifikat dan pengukurannya menjadi domain dan wewenang Badan Pertanahan Nasional (BPN). "Ya kan sudah dipasang plang bengkok Desa sukajaya, nanti juga ditindaklanjuti sama BPN," jelas dia.
Senada diungkapkan Kasie Trantib Kecamatan Cilamaya Wetan Abdullah AM. Ia mengatakan, penggarapan sawah di Tengkolak sebenarnya sudah dilakukan. "Ya sudah digarap sebenarnya," jelasnya. Sebelumnya, Jumat 12/8, kedua camat, kapolsek, Danramil dan kades dua desa resmi menandatangani berita acara kesepakatan menjalankan SK Bupati. Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ratusan personil kepolisian yang dikomandoi langsung Wakapolres Kompol Eko Prasetyo SH berjaga di lokasi sawah sengketa dua Ddesa di Dusun Tangkolak Desa Sukajaya, berikut para personil Pol PP Karawang. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template