Sudah 2.504 Tenaga Kerja Tersalurkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sudah 2.504 Tenaga Kerja Tersalurkan

Sudah 2.504 Tenaga Kerja Tersalurkan

Written By Mang Raka on Senin, 15 Agustus 2016 | 13.00.00

*Target 2016 Sebanyak 10.000 Pengangguran Bekerja

KARAWANG, RAKA - Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak sepaham. Jika Kemenakertrans menolak cara Pemerintah Karawang menekan angka pengangguran di wilayahnya, maka Kemendagri justru memberi apresiasi terhadap upaya yang sudah dilakukan.

Hal itu terungkapkan ketika Bupati Karawang dr. Cellica Nurrchadiana meraih penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh salah satu media nasional, baru-baru ini. Sementara produk yang mengatur tenagakerja di Karawang tersebut sudah dibatalkan pemerintahan Joko Widodo karena dianggap tidak sesuai, terutama dengan formulasi penyerapan tenaga kerja 60 persen untuk Karawang dan 40 persen luar Karawang.
Penghargaan itu sendiri merupakan apresiasi atas berbagai keberhasilan para kepala daerah dalam mengelola dan menggarap potensi daerah sehingga memacu pertumbuhan dan kemajuan berbagai sektor pembangunan. Keberhasilan itu membuktikan, para kepala daerah yang mendapatkan anugerah Kepala Daerah Inovatif (KDI) memiliki program bagus yang didukung kemampuan manajerial, kepemimpinan berkualitas, visioner, mampu mewujudkan harapan masyarakat, dan dapat merespons tantangan zaman baik dalam skala nasional, regional, maupun global.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan acara Kepala Daerah Inovatif (KDI). "Penghargaan terhadap kepala daerah inovatif ini mendorong daerah lain untuk bisa  mencontoh, bisa bergerak sehingga kepala daerah mampu mengatur segala bentuk gerakan masyarakat," ungkap Tjahjo Kumolo.
Penghargaan yang diraih oleh Bupati Karawang dalam kategori Ketenagakerjaan dinilai beberapa aspek, salah satunya menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) No 8 Tahun 2016 dan Peraturan Daerah (Perda) No. 1 Tahun 2011 yang mewajibkan perusahaan harus menyerap 60% karyawannya dari warga lokal. Saat ini sebanyak 2.504 warga Karawang terserap di 30 perusahaan. Sebelumnya, Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2011 tentang Ketenagakerjaan dibatalkan pemerintah pusat. Perda tersebut merupakan satu dari 3.143 peraturan daerah yang dibatalkan Presiden Joko Widodo.
Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Karawang, Kiki Saubari mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya dari provinsi, salah satu perda yang dibatalkan ketenagakerjaan. "Perda Ketenagakerjaan dihapus pemerintah pusat," kata Kiki.
Dikatakannya, dari informasi yang diterimanya, hanya satu produk hukum daerah saja yang dibatalkan pemerintah pusat. Sedangkan perda lainnya, dirinya tidak mendapat informasi. "Untuk yang terkena delete, Perda Ketenagakerjaan No 1 tahun 2011 yang include dengan Perbup No 8 tahun 2016," terangnya.
Sementara itu, pemerhati ketenagakerjaan Budi Hermawan mengatakan, Perda Ketenagakerjaan dinilainya berbenturan dengan undang-undang yang ada di atasnya. "Pasal 27 ayat (2) UUD 1945, menyebutkan bahwa tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Ayat ini memuat pengakuan dan jaminan bagi semua orang untuk mendapatkan pekerjaan, dan mencapai tingkat kehidupan yang layak bagi kemanusiaan. Maka dilihat dari undang-undang, perda ini sudah berlawanan dengan undang-undang di atasnya," ungkap Budi yang pernah menjabat HRD di salah satu perusahaan besar di Karawang.
Meski begitu disebutkan Budi, jika melihat kondisi Karawang, keberadaan perda ini memang sudah tepat. Namun begitu, keberadaan peraturan daerah tetap tidak boleh berlawanan undang-undang. "Jadi jika Pemerintah Kabupaten Karawang ngotot memperjuangkan perda ini, kemungkinan besar akan kandas dengan acuan tadi, undang-undang yang ada di atasnya," pungkasnya. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template