Situ Cipule Bakal Jadi Objek Wisata Unggulan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Situ Cipule Bakal Jadi Objek Wisata Unggulan

Situ Cipule Bakal Jadi Objek Wisata Unggulan

Written By ayah satria on Jumat, 26 Agustus 2016 | 17.39.00


CIAMPEL, RAKA – Informasi Situ Cipule akan disulap menjadi salah satu objek wisata unggulan di Karawang semakin menguat. Bahkan hal itu sudah masuk dalam pembahasan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Sementara untuk perawatannya Kemenpora akan menggandeng KONI Karawang.
"Memang sudah ada rencana kalau nantinya Situ Cipule yang berada diwilayah Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel, akan menjadi salah satu wisata unggulan di wilayah Kabupaten Karawang. Ini pun sudah ada pembicaraan dari pihak Kemenpora Jabar untuk bekerjasama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Karawang dalam perawatannya,” tutur Ketua Koni Karawang, Aries Suparno, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/8) siang.
Menurutnya, alasan menjadikan Situ Cipule sebagai asset wisata di wilayah Kabupaten Karawang setelah melihat potensinya yang sudah beberapa kali sering dijadikan lokasi perlombaan tingkat nasional. Bahkan, keberadaan situ tersebut, sudah mampu menembus Asia, dimana belum lama ini, ada kunjungan dari pemerintahaan Jepang ke lokasi.
“Ini, merupakan sebuah asset dimana akan menjadi peluang pemasukan terhadap daerah, ataupun provinsi. Karena kita ketahui situ cipule sudah diketahui dari berbagai negara yang belum lama ini mendapat kunjungan pihak jepang,” terangnya. Mesti demikian, sambung dia, kepemilikan Situ Cipule, memang masih dalam sengketa. Hal ini dikarenakan adanya tiga kepemilikan secara tersertifikasi, yakni pihak PJT II, Provinsi dan kabupaten.
Selain itu, lanjut dia, ketika nanti usainya perlombaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diselenggarakan di  Situ Cipule, dikhawatirkan tidak kembali terawatnya situ.  Hal ini yang dikhawatirkan akan kembali terjadi karena terbentur baiaya. “Biaya perbaikan situ cipule untuk PON saja, sekitar 8 miliar itu baru perbaikan situnya, belum infrastruktur gedungnya, dan lain-lain. Maka sayang sekali kalau ini tidak terus dirawat, mubajir anggaran yang besar untuk perbaikan situ, lalu dibiarkan maka akan rusak dan kumuh kembali nantinya,” katanya.
Hal senada dituturkan Ahdan, petugas keamanan Kemenpora yang menyepakati adanya kabar, situ akan dijadikan pariwisata seusai Perlomban PON XIX, Cabor Dayung, dirinya menyepakati, karena melihat potensi situ yang akan menjadi magnet lokasi wisata, dimana nantinya potensi besar para wisatawan dari luar negara pun akan berdatangan. Karena saat ini situ cipule sudah kembali dijadikan lokasi pertandingan pon, dan sebelumnya menjadi tempat lokasi seagames diwilayah ini. “Sangat setuju, karena sekarang situ cipule yang berlokasi di Desa  Mulyasari, Kecamatan Ciampel, sudah banyak diketahui masyarakat, mulai dari berbagai daerah dan negara," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template