Siswa SMAN 1 Karawang Dibagi Obat Penambah Darah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SMAN 1 Karawang Dibagi Obat Penambah Darah

Siswa SMAN 1 Karawang Dibagi Obat Penambah Darah

Written By Mang Raka on Senin, 22 Agustus 2016 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Guna mencegah datangya penyakit anemia yang kerap menyerang  perempuan, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Karawang mendapat kunjungan dari Puskesmas Nagasari. Kunjungan ini merupakan suatu bentuk kepedulian puskesmas terhadap kesehatan di dunia pendidikan.
Ketua Usaha Kesehatan Sekolah SMAN 1 Karawang, Sukadiningrat ST menyampaikan,  kegiatan tersebut setiap siswi mendapatkan bantuan obat penambah darah dari puskesmas selama 4 bulan. Karena hampir setiap siswi yang sudah duduk dibangku SMA, rata-rata  sudah mengalami haid. Maka untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, maka pemberian obat penambah darah dilakukan sejak dini. "Obatnya khususnya untuk perempuan saja, soalnya laki-laki kan tidak haid," katanya.
Dia menjelaskan, dari 4 bulan tersebut, nantinya setiap minggu ada laporan dari setiap siswi sebagai bentuk evaluasi, apakah obat yang diberikan tersebut diminum atau tidak. Sebab, jika mereka tidak sampai melakukan pengobatan tersebut, ditakutkan bisa terjadi hal yang berakibat fatal saat mengalami haid nanti. "Sama halnya dengan ibu yang sudah melahirkan, jadi haid juga banyak mengeluarkan sel darah, jika darah mereka rendah dan terlalu banyak keluar bisa terjadi hal yang buruk terhadap siswi. Makanya perlu adanya evaluasi baik dari pihak puskesmas maupun sekolah," tuturnya.
Untuk mengetahui hal tersebut, setiap hari siswa akan mendapatkan kartu yang berisi laporan obat yang sudah diminum. "Kita kasih obat sama buku laporanya dan setiap minggu mereka akan kita evaluasi," ungkapnya.
Sementara Kepala SMAN 1 Karawang, Drs Dwi Setyono Agus Hs,M.Pd, mendukung program yang dijalan oleh puskesmas. Karena bagi dia, dengan adanya program tersebut, setidaknya bisa mencegah adanya penyakit anemia yang kerap terjadi kepada setiap perempuan. Jika perlu kata dia program tersebut bisa dilakukan secara terus menerus. "Bagus tentunya kami juga sangat mendukung jika itu bersifat positif buat siswa kami akan selalu dukung," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template