Siswa PKL Entengkan Tugas Aparat Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa PKL Entengkan Tugas Aparat Desa

Siswa PKL Entengkan Tugas Aparat Desa

Written By Mang Raka on Sabtu, 06 Agustus 2016 | 16.00.00

KLARI, RAKA - Pembengkakan jumlah pendudukan di wilayah Desa Duren, Kecamatan Klari, membuat pekerjaan aparat desa disana selalu menumpuk. Kini dengan adanya pelajar SMKN 1 Klari yang PKL (Praktek Kerja Lapangan) di desa tersebut pekerjaan jadi lebih ringan.

Seperti diakui staf Ekbang, Desa Duren, Egi Caesar BA, Jumat (5/8), siswa/i yang sedang melakukan masa bimbingannya atau praktek kerja lapangan, di pemerintahan desa  cukup membantu aparatur desa. Kehadiran para siswa yang dalam peranannya membantu tugas pemerintah desa ini pun, menjadikan bentuk kerjasama yang baik dari pemerintah desa dengan pihak Sekolahnya.
"Memang setiap tahun itu, di Desa Duren suka selalu ada anak SMK yang PKL disini, selain keberadaan mereka cukup membantu pekerjaan pemerintah desa, kehadiran mereka pun yang terjun langsung mengurusi keperluan masyarakat diberbagai urusannya, bisa mengetahui. Artinya, nanti mereka kelak kalau mengurus keperluan administrasi mulai dari KTP, hingga keperluan yang lainnya sudah mulai tahu nantinya," katanya.
Selain itu, sambung dia, memang tidak biasanya untuk tahun ini para Siswa yang PKL lebih banyak, ketimbang ditahun lalu. Hal ini pun menjadikan nantinya setiap siswa/i yang PKL diseputaran kerja pemerintah desa akan dilakukan pembagian  bidangnya. inipun menjadi salah satu output desa yang berharap nantinya para generasi inilah yang nanti akan diharapkan untuk melanjutkan roda pemerintahan. Karena sebelumnya, sudah dibekali pengalaman serta pembelajaran yang kurang lebih nantinya selama 3 bulan itu.
"Mereka, nanti pemuda pemudi yang diharapkannya itu, bisa menjadi generasi yang mesti dirawwat dalam roda pemerintahan, karena mereka sejak duduk di bangku SMK pun sudah mengetahui seperti apa mekanisme birokrasi administrasinya. Inilah yang akan menjadikan salah satu cara agar generasi kedepannya, lebih baik lagi," tuturnya.
Tidak hanya itu, lanjut dia,  bagi para PKL yang dilakukan siswa/i SMKN 1 Klari ini pun, dalam bentuk pembimbingannya pun, oleh aparatur desa, agar mengetahui seperti apa administrasi pembuatan KTP dan lain sebagainya. Hal ini yang nantinya menjadi bekalnya. Selain itu mereka diberikan pemahaman seputar tugas dari masing-masing bidang yang ada di desa, mereka pun, dibimbing dalam melakukan praktek langsung melakukan pelayanan terhadap masyarakat yang ada diwilayah Desa ini nantinya. "Bukan hanya kami berikan secara teori saja, tapi mereka pun usai kami arahkan bagaimana birokrasinya, sesekali untuk mencoba langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat yang datang mengurusi keperluannya Ke Desa," ucapnya.
Hal serupa disampaikan Ratna, siswi Kelas XI (sebelas) di Jurusan Pemasaran, SMKN 1 Klari, yang sedang menjalankan masa Praktek Kerja Lapangan di Desa Duren, menyampaikan, keberadaan dirinya beserta teman-temannya di balai desa Duren, dalam membantu tugas serta pekerjaan aparatur desa ini pun, memang sudah dilakukan pihak Sekolah SMKN 1 Klari, yang meminta untuk muridnya dapat melakukan PKL dibalai Desa Duren.
Ketika disinggung RAKA mengapa PKL mesti di Balai Desa, hal ini diakuinya, memang sudah ada pembagian tempat lokasi PKL dari pihak sekolah. Dimana nantinya siswa/i yang ada sekolahnya bisa langsung PKL nantinya. "Kalau kenapa aku bisa PKL di Desa Duren, ini sih karena sudah ada bagian-bagiannya, dan untuk yang 5 orang ini saya termasuk salah satu nya memang sudah di bagi dan dapat PKL disini, jadi untuk tempat sih, sekolah yang nyarinya," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template