Sido Muncul Gaet BRI Buat 20 Ribu Kafe Jamu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sido Muncul Gaet BRI Buat 20 Ribu Kafe Jamu

Sido Muncul Gaet BRI Buat 20 Ribu Kafe Jamu

Written By Mang Raka on Rabu, 31 Agustus 2016 | 12.30.00

Kafe jamu dinilai merupakan terobosan bisnis yang mampu menyerap tenaga kerja cukup besar. Karena itu BRI sebagai bank berplat merah siap mengucurkan bantuan kredit usaha rakyat (KUR).
Direktur Utama Sido Muncul Sofyan Hidayat mengatakan, dengan kerja sama ini, BRI akan berkomitmen untuk memberikan kredit usaha rakyat (KUR) bagi pengusaha kecil yang ingin membuat kafe jamu. "Masyarakat yang ingin membuat kafe jamu bisa mengajukan pinjaman ke BRI, dan kami akan memberikan semacam surat rekomendasi. Target kami 20 ribu kafe jamu bisa berdiri di Indonesia," kata Sofyan melalui keterangan pers, Selasa (30/8) kemarin.
Sofyan mengatakan, konsep kafe jamu berbeda dengan warung-warung jamu yang sudah banyak bertebaran di pinggir jalan. Kata Sofyan, kafe jamu akan menyajikan minuman jamu dengan tampilan modern dan cita rasa yang lebih enak. Sido Muncul melalui Sentra Jamu Indonesia akan memberikan resep-resep serta branding kepada pemilik kafe jamu. Dengan strategi ini, masyarakat diharapkan dapat lebih menggemari jamu. "Jamu kan indentik rasanya pahit. Tapi di kafe jamu, jamu jadi minuman yang lebih enak di lidah tapi juga tetap berkhasiat bagi tubuh," ujar Sofyan.
Sofyan menjelaskan, ide membuat kafe jamu dilatarbelakangi semakin menurunnya para penjaja jamu di Tanah Air. Ada banyak pedagang jamu yang memilih pindah profesi menjadi tukang sayur, pedagang kaki lima, tukang ojek hingga pembantu rumah tangga. Padahal, jamu harus terus dilestarikan karena merupakan kebudayaan asli Indonesia. Senior Eksekutif Vice President bidang UKM dan Consumer Banking BRI, Supari, mengatakan BRI sangat antusias untuk memberikan dukungan kepada distributor jamu atau masyarakat yang ingin membuat kafe jamu. "KUR yang bisa diberikan adalah KUR mikro dengan plafon maksimal Rp 25 juta," ujar Supari.
Supari menyatakan, BRI menyambut baik rencana Sido Muncul membuat kafe jamu. Menurut dia, program ini selain bisa menjaga kelestarian jamu, juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan. "Sebagai bank pemerintah, BRI punya peran untuk tetap menjaga kelestarian budaya dan menciptakan lapangan pekerjaan," kata Supari. (psn/rp/rl)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template