Segera Atasi Lansia Terlantar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Segera Atasi Lansia Terlantar

Segera Atasi Lansia Terlantar

Written By Mang Raka on Jumat, 12 Agustus 2016 | 12.00.00

-Menjamur di Tanjungpura-Dengklok

RENGASDENGKLOK, RAKA - Mengatasi dinamika permasalahan sosial Kabupaten Karawang khususnya Rengasdengklok bagaikan mengurai benang kusut. Permasalahan mulai dari para gelandangan yang kian menjamur, pengemis yang makin banyak, anak jalanan yang seolah tak ada habisnya dan terakhir fenomena lansia tunawisma di jalanan. Meski bukan barang baru, tapi keberadaan lansia jalanan ini secara kuantitatif semakin banyak jumlahnya.
Pemantauan RAKA sepanjang jalan Tanjungpura-Pasar Rengasdengklok menambah catatan panjang para lansia “penghuni “ jalanan tersebut. Tak kurang dari 9 lansia Tunawisma berhasil ditemui. Aceum (65) dan Tarim(68) lansia tunawisma yang sedang beristirahat dibawah pohon dipinggir jalanan tersebut menyatakan bahwa ia sudah hidup 2 tahun di jalan. “Saya nyari makan, tidur ya disini,” ungkapnya.
Ia menuturkan bahwa kondisi keluarga yang sudah tidak utuh dan juga faktor kesenjangan ekonomi  membuat dia harus mengasingkan diri dari kampung halamannya di daerah Bojong Kabupaten Bekasi. “Anak saya sudah lama meninggalkan saya, entah sekarang dimana. Terakhir ketemu lima belas tahun yang lalu. Sekarang saya sudah tidak punya siapa-siapa lagi disini,” kisah dia.
Disinggung mengenai pekerjaan, ia mengaku bahwa selama ini ia hanya menjadi pengemis.” Untuk makan ya saya hanya minta-minta saja. Kadang dikasih kadang juga ada yang nggak ngasih”pungkasnya.
Sementara itu Ketua Social Community, Rian Khikhayatullah menyayangkan sikap pemerintah yang seolah lepas tangan menyikapi permasalahan sosial ini. ”Ini bukan masalah baru bagi kami, kita hanya sedikit menyayangkan sikap pemerntah daerah yang seolah lepas tangan akan fenomena ini. Karena bagaimanapun secara konstitusional hak-hak mereka dilindungi oleh negara, bahkan itu tertulis dalam UUD 1945, sekarang bolanya ada di tangan pemerintah,” ungkap dia.(fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template