Sebulan, 5 Warga Tirtamulya DBD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Sebulan, 5 Warga Tirtamulya DBD

Sebulan, 5 Warga Tirtamulya DBD

Written By Mang Raka on Selasa, 30 Agustus 2016 | 17.59.00

TIRTAMULYA, RAKA - Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti tidak henti-hentinya menyerang warga. Di Kecamatan Tirtamulya, sebanyak 5 orang menderita penyakit demam berdarah dengue (DBD) pada bulan Agustus 2016.
"Ada DBD, tapi tidak sebanyak daerah lain. Ada 5 orang yang terjangkit," ujar Kepala Puskesmas Tirtamulya, dr Nugraha MARS.
Dia merinci, warga Tirtasari 1 orang, Parakan 2 orang dan Kamurang 2 orang. Data tersebut bersumber dari rumah sakit yang memberikan laporan kepada Dinas Kesehatan, dan UPTD Puskesmas Tirtamulya. "Kasus itu (DBD) sudah kami tindaklanjuti, dengan melakukan penyelidikan epidemiologi (PE)," ujarnya.
Tindakan tersebut dengan melakukan pengecekan 100 meter dari rumah para penderita. Selain itu, warga melalui aparatur desa sudah dihimbau memberantas sarang nyamuk. "Kami juga sudah menyampaikan agar warga melakukan pemberantasan jentik nyamuk, dengan penaburan obat abate," ujarnya.
Obat abate, tambah Nugraha, gratis dan tidak diperjualbelikan. Tersedia di puskesmas. "Jika ada orang yang mengatasnamakan puskesmas, dan menjual obat abate maka dipastikan itu oknum," ucapnya.
Sedangkan jika warga meminta fogging, menurutnya alokasi anggaran fogging dari Dinas Kesehatan sudah tidak ada. Sehingga fogging yang menggunakan anggaran pemerintah dipastikan tidak bisa dilakukan. "Untuk fogging paling swadaya. Karena anggaran fogging dari Dinkes sudah tidak ada. Tapi untuk alat foggingnya ada di puskesmas," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template