Puskesmas Antisipasi Penyebaran Demam Berdarah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puskesmas Antisipasi Penyebaran Demam Berdarah

Puskesmas Antisipasi Penyebaran Demam Berdarah

Written By Mang Raka on Sabtu, 13 Agustus 2016 | 16.00.00

TEGALWARU, RAKA - Puskesmas Tegalwaru mempergencar fogging dengan mendatangi desa-desa rawan demam berdarah. Kegiatan itu melibatkan aparatur pemerintah desa setempat dan merupakan upaya menekan tingginya angka penderita demam berdarah.

Jumlah terduga penyakit demam berdarah saat ini mengalami penurunan dari tahun lalu, dan itu tidak terlepas dari peran masyarakat dalam mengantisipasi penyakit mematikan tersebut. Sementara pihak puskesmas sendiri gencar melakukan sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan dilingkungan rumah. Prioritas pengasapan dilakukan di rumah-rumah warga yang dekat dangan saluran air atau sungai-sungai serta drainase.
Selain pengasapan juga warga pun melakukan penguburan barang-barang bekas yang mudah menjadi tempat berkembangnya nyamuk Demam berdarah. Seperti diungkapkan warga Kampung Lio, Leni (30). Memang di kampungnya dulu pernah ada satu penderita yang di duga terkena virus demam berdarah. Bahkan observasinya dilakukan di rumah sakit umum daerah (RSUD) Karawang, akan tetapi dari pengalaman itu warga di sini mulai mengindahkan pentingnya menjaga kebersihan.
“Anak tetangga yang kena demam berdarah dan itu tahun yang lalu, kini warga pun khawatir jika dalam peralihan musim seperti saat sekarang ini penyakit tersebut akan kambuh lagi dan nyamuk mulai beredar lagi. Jadi tidak mau terulang maka warga pun sekarang mulai apik membersihkan saluran air dan pekarangan rumahnya. Apalagi sekarang malah di tambah dengan diadakannya fogging," ujarnya.
Camat Tegalwaru Drs.H.Sujana mengingatkan agar warga berhati menghadapi peralihan cuaca ektrem sekarang ini. Karena selain berubah-ubahnya cuaca serta berbagai indikasi penyakit pun mudah terjangkiti. Maka lebih baik menjaga dari pada mengobati ternyata lebih efektif. Kalau kesadaran masyarakat akan mencintai kebersihan lingkungan pun cukup mempengaharui kesehatan kita.
“Siapa yang tidak mau sehat. Menurut saya sehat itu mudah jika kita selalu menjaganya Kebersihan juga sebagai sarana menuju sehat. Saya sependapat agar selain menjaga tubuh kita juga menjaga kebersihan lingkungan menjadi partikel yang penting. Sekarang pencegahan yang dilakukan oleh Puskesmas pun cukup efektif selain membongkar tempat nyamuk juga kita membunuh keberadaan nyamuk penyumbang penyakit demam berdarah. Karenanya saya berharap semua yang terlibat bisa bekerjasama," tutur camat.
Sementara ditambahkan Dr.Bubun Bunyamin.MM, di sela-sela kesibukannya menuturkan, peralihan cuaca yang tidak menentu saat ini disarankan warga agar menjaga stamina tubuh serta istirahat yang cukup lalu. Salah satu yang bisa diantisipasi agar tidak mudah terjangkiti oleh demam berdarah, dirinya berpesan agar banyak olahraga. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template