Purwakarta Baru Punya 120 Unit Mini Market - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Purwakarta Baru Punya 120 Unit Mini Market

Purwakarta Baru Punya 120 Unit Mini Market

Written By Mang Raka on Jumat, 05 Agustus 2016 | 15.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Menjamurnya mini market di Purwakarta, kian hari makin tak terbendung. Namun, sebaran usaha waralaba itu, masih dalam jumlah normal. Hal itu di ungkapkan Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Atap (BPMPTSP) Kabupaten Purwakarta, Yus Permana.
"Mini market yang sudah beroperasi di Purwakarta sebanyak 120. Itu izin yang kami terbitkan dan itu masih normal," ujar Yus, saat ditemui di Jalan Veteran, Purwakarta Kamis (4/8).
Ia mengatakan, jumlah itu merupakan akumulasi sejak 10 tahun terakhir atau sejak 2006. Sehingga, ia berani menyebut bahwa jumlah itu masih normal dan tidak berpengaruh negatif terhadap keberadaan pelaku-pelaku usaha kecil di perkampungan. "Selama 10 tahun jumlah mini market yang ada 120, termasuk wajar dan tidak meraja rela," kata Yus. Jika dipukul rata di 17 kecamatan di Purwakarta, maka satu kecamatan memiliki tujuh mini market.
Meski begitu, kata dia, lebih dari 50 persen mini market yang beroperasi kebanyakan di wilayah perkotaan. Meskipun, ia tidak memungkiri mini market yang beroperasi ada di wilayah pinggiran kota. "Kebanyakan tersebar di wilayah perkotaan antara Purwakarta, Jatiluhur, Babakan Cikao. Kalaupun ada di pedesaan, itu kebanyakan di wilayah industri," ujarnya.
Selain itu, ia juga memastikan mini market tidak banyak beroperasi di wilayah pedesaan seperti Kecamatan Wanayasa, Kiarapedes, Pondok Salam yang berada di bawah kaki Gunung Burangrang. "Kalau disana sedikit sekali yang buka, paling di pinggiran Jalan Raya Wanayasa. Kalau sampai ada masuk di pelosok desa-desa mah tidak ada, atau sedikit sekali," katanya.
Hanya saja, meski jumlahnya diklaim masih normal, pemerintah setempat tidak membatasi jumlah mini market, termasuk tidak menargetkan harus berapa mini market berdiri. "Di Purwakarta mini marketnya memang tidak dibatasi sampai harus berapa. Tapi agar tidak menjamur dan mengancam pelaku usaha kecil, sesuai instruksi pak bupati pengawasan perizinannya diperketat," ujar Yus.
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Purwakarta Saefudin menambahkan belum lama ini, pihaknya menyegel satu bangunan mini market di Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao, karena tidak berizin. "Ada satu yang sudah kami segel di Kecamatan Babakan Cikao karena tidak berizin. Sampai kini masih kami segel," ujar Saefudin.
Pihaknya bekerja berdasar pada laporan dari masyarakat, termasuk instansi terkait yang berwenang dengan perizinan seperti BPMPTSP. "Kalau ada yang tidak berizin ya tentu kami segel, tidak pandang bulu," ujar dia. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template