Pupuk Kujang Kelebihan Stok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pupuk Kujang Kelebihan Stok

Pupuk Kujang Kelebihan Stok

Written By Mang Raka on Jumat, 05 Agustus 2016 | 15.00.00

KARAWANG, RAKA - Kehadiran pupuk yang diproduksi sejumlah perusahaan swasta menjadi penyebab stok pupuk produksi PT Pupuk Kujang mengalami peningkatan. Selain terlambatnya musim tanam dan areal pertanian yang semakin menyempit yang diduga menjadi salah satu penyebabnya juga.

Manager Humas PT. Pupuk Kujang, Ade Cahya Kurniawan, mengatakan itu menanggapi pertanyaan wartawan terkait stok pupuk yang melimpah hingga terpaksa disimpan dijalan dan diareal pabrik, Kamis (4/8). Meski stok pupuk melimpah, kata Ade, hal tersebut belum menjadi persoalan bagi perusahaan pelat merah tersebut. Pasalnya,  selain gudang lini I dan II yang ada di Jawa Barat, stok pupuk juga sudah disimpan di gudang distributor. "Di gudang kami ada 172.939,01 ton. Sedangkan di gudang distributor sudah tersimpan sekitar 100 ribu ton. Jadi, kapan pun petani akan memakainya distribusi sudah siap disebarkan," terangnya.
Untuk wilayah Karawang, jelas Ade, stok pupuk urea di gudang lini III distributor sebanyak 3.885,25 ton dengan realisasi penyerapan per 31 Juli 2016 sebesar 3.508 ton atau 85,04 persen dibanding kebutuhan menurut Peraturan Gubernur (Pergub) sebesar 4.125 ton. Sedangkan, ketentuan stok pupuk untuk kebutuhan dua minggu ke depan hanya sebesar 1.765,81 ton atau 220,03 persen bila dibandingkan posisi stok pupuk yang ada saat ini. "Kujang juga menyiapkan stok pupuk NPK sebanyak 33.516 ton dan pupuk organik sebanyak 7.496 ton," jelasnya.
Ketersediaan stok pupuk tersebut diharapkan bisa menjawab kekhawatiran para petani di Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta ketika akan memulai musim tanam tahun ini. Karena, ketersediaan pupuk dari gudang produsen hingga di tingkat distributor dan pengecer mampu memenuhi kebutuhan petani lebih dari ketentuan dua minggu ke depan. "Jika dibandingkan dengan stok sebelumnya. Maka, stok sekarang bisa mencapai 10 kali lipat," timpalnya.(ops)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template