PT PL Lunasi Uang Pengosongan Lahan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PT PL Lunasi Uang Pengosongan Lahan

PT PL Lunasi Uang Pengosongan Lahan

Written By Mang Raka on Selasa, 30 Agustus 2016 | 17.58.00

KARAWANG, RAKA - Warga Desa Margamulya, Wanajaya dan Margakarya, Kecamatan Telukjambe Barat, mendapat pelunasan uang pengosongan dari PT Pertiwi Lestari, Senin (29/8). Pelunasan yang berjalan sesuai jadwal dan dalam suasana cair tanpa ketegangan, diberikan kepada warga pemukiman yang berada di atas lahan tersebut. "Hari ini (kemarin) pelunasan untuk pemukiman saja. Karena untuk penggarap sudah dilunasi," kata Humas PT Pertiwi Lestari Agus Ritjanto, di sela-sela pelunasan pemberian uang pengosongan lahan di Indo Alamsari.
Agus menjelaskan, pelunasan diberikan kepada warga yang didata, dan telah mendapat uang kerohiman atau tali asih pada 24 Agustus 2016. Namun menurut Agus, yang saat ini dan setelah 24 Agustus 2016 melakukan pendaftaran, baru mendapat uang DP, pelunasan akan dilakukan 1 September 2016 nanti. "Total ada 200 KK, hari ini baru DP. Sisanya 1 Sepetmber 2016," katanya.
Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Karawang yang diwakili Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Samsuri mengatakan, pemerintah hanya menjadi penyambung antara masyarakat dengan perusahaan. Dengan harapan masyarakat yang ada di lahan tersebut bisa mendapat hak yang sesuai. "Fungsi pemerintah hanya memfasilitasi. Ini tindaklanjut dari pertemuan beberapa kali. Konteks pemerintah daerah dalam masalah sosial, kita tidak ingin masyarakat ditelantarkan dan ada kepedulian dari perusahaan," kata Samsuri.
Samsuri mengatakan kepada pihak desa, untuk membantu warganya mencari lahan pengganti tempat tinggal. Sehingga setelah proses pengosongan lahan, semua warga mempunyai tempat tinggal yang tetap. "Kepala desa membantu mencari lahan untuk mereka. Saya juga berpesan agar uang yang diterima untuk dipikirkan masa depan," ulasnya.
PT Pertiwi Lestari memberikan uang pengosongan lahan sebesar Rp 30 juta untuk pemukim, dan Rp 5 juta untuk penggarap. Warga yang diberikan pelunasan atas pengosongan lahan, dimasukan dalam rekening bank. Pertimbangan uang kerohiman langsung dimasukan dalam rekening. Karena uang yang diberikan cukup besar sehingga paling aman melalui buku tabungan. (dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template