PKL Klari Akan Dibersihkan ke Bendungan Walahar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PKL Klari Akan Dibersihkan ke Bendungan Walahar

PKL Klari Akan Dibersihkan ke Bendungan Walahar

Written By Mang Raka on Rabu, 10 Agustus 2016 | 13.30.00

KLARI, RAKA - Pemerintah Kecamatan Klari merencanakan melakukan penataan secara menyeluruh terhadap Bendungan Waduk Walahar sekaligus menata Pedagang Kaki Lima (PKL) nya. Selain, memeriahkan HUT Kemerdekaan, program ini pun diharapkan menjadi bentuk pemberdayaan para pengrajin di wilayah tersebut.

"Dalam perayaan HUT RI Ke 71 di tahun ini, nantinya akan ada sebuah konsep yang berbeda dari HUT RI tahun sebelumnya, dimana nantinya akan dimaksimalkannya usaha pengrajin home industri diseluruh Kecamatan Klari untuk menampilkan hasil karya masyarakatnya masing-masing," kata Camat Klari, Mamat Rahmat, Selasa (8/8).
Masih dikatakannya, bendungan walahar selalu ramai dikunjungi masyarakat yang berada diluar daerah karawang. Melihat potensi itu, diharapkan nantinya untuk seluruh desa menghimbau kepada warganya yang memiliki suatu usaha kerajinan, untuk dilakukan mengikuti program ini, dalam  memperkenalkan hasil kerajinan warga yang ada diwilayah Kecamatan Klari, kepada warga yang nantinya sedang berkunjung ke bendungan  waduk walahar, dapat tahu kalau di wilayah Kecamatan Klari,  banyak  kerajinan yang dapat memanjakan para pengunjung nantinya," ucap Mamat Rahmat Camat Klari, ketika sedang berlangsungnya Minggon Kecamatan di aula Kantor Kecamatan. Selasa (9/8).
Mamat mengatakan, pasalnya program akan menghadirkannya seluruh pengrajin yang ada disetiap desa nya masing-masing yang ada diwilayah Kecamatan Klari, merupakan suatu program yang memang kali pertama dilakukan Pihak Pemerintah Kecamatan Dengan pihak Desa, dimana nantinya akan diprediksi mampu menarik banyak pengunjung dengan dihadirkannya para pengrajin yang beragam produksi nantinya di tumpuk di satu lokasi di sepanjang jalan Waduk walahar tersebut. "Ini, memang program baru dalam memeriahkan Hut RI ditahun ini, selain nantinya warga dapat merayakan hari kemerdekaan bersama-sama, disisi lain pun kita berdayakan para pengrajin yang ada diseluruh Kecamatan Klari dalam meningkatkan perekonomian serta promosi kerajinan yang nantinya akan menjadi sebuah wejangan cendra mata bagi para pengunjung untuk membawa sedikit oleh-oleh dari waduk walahar nantinya," terangnya.
Menurut Mamat, Program kecamatan Klari, dalam persiapan HUT RI Ke 71 ini pun, nantinya akan menjadi sebuah bahan dimana nantinya, akan menjadi sebuah upaya untuk dilakukannya pengajuan kepada Dinas UKM Kabupaten Karawang, untuk tetap mempertahankan usaha home industri, atau kerajinan  yang dilakukan masayrakat yang ada diwilayah ini nantinya. "Karena kita ketahui, di Desa Walahar saja, contohnya, ada kerajinan tas yang terbuat dari eceng gondok, dan kerajinan lainnya oleh masyarakat yang ada disetiap desanya nanti, maka dengan dikumpulkannya seluruh usaha kerajinan masyarakat nantinya, diharapkan dapat mampu mendorong agar dinas UKM Kabupaten Karawnag, dapat langsung melihatnya dan nantinya akan ada perawatan kepada seluruh pengrajin, dalam memberdayakan serta mempertahankan kerajinan asli buatan warga yang ada diwilayah ini nantinya," paparnya.
Maka dari itu, dia menegaskan, ketika diakhir penyampainya perihal rencana program yang nantinya akan dilakukan dalam memeriahkan Hut RI ke 71, di dalam rapat  minggon kecamatan, diharapkan untuk  seluruh  desa dapat menghimbau dan menginformasikan nantinya kepada warganya yang memang memiliki usaha kerajinan nantinya. Agar pemberdayaan para pengrajin ini, nantinya dapat di maksimalkan juga oleh desanya masing masing nantinya, dalam meningkatkan taraf perekonomian warganya dalam usaha home industri nantinya. "Saya harap, untuk seluruh desa nanti, menginformasikannya, kepada warganya bahwa nanti untuk warga yang memiliki usaha kerajinan untuk dapat mengikuti program yang dilakukan Kecamatan ditahun ini nantinya," pungkasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template