Pipa Pembuangan Pindo Deli 3 Dilas Warga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Pipa Pembuangan Pindo Deli 3 Dilas Warga

Pipa Pembuangan Pindo Deli 3 Dilas Warga

Written By Mang Raka on Kamis, 11 Agustus 2016 | 16.37.00

-Agar Limbah Tidak Dialirkan ke Cibeet

KARAWANG, RAKA - Sungai Cibeet yang tercemar akibat pembuangan limbah PT Pindo Deli 3, akhirnya menuai aksi warga. Mereka mengelas pipa pembuangan limbah perusahaan kertas tersebut, Rabu (10/8) kemarin.
Majelis Adat Cibeet, Iwan Somantri Amintapradja mengatakan, lemahnya tindakan dari Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Karawang, hingga Kementerian Lingkungan Hidup terhadap Pindo Deli 3, menjadi alasan warga melakukan pengelasan. "Ini aksi masyarakat atas tindakan Pindo Deli 3 yang sudah membuat Cibeet tercemar," katanya kepada Radar Karawang.
Ia melanjutkan, aksi warga ini bukan untuk menakuti atau menekan Pindo Deli 3, melainkan tindakan nyata dari masyarakat karena sudah bosan menunggu sanksi dari pemerintah. "Tidak ada tindakan nyata dari pemerintah, ya masyarakat yang memberikan tindakan," jelasnya.
Ketua Komisi C DPRD Karawang Elievia Khrissiana mengaku belum mengetahui jika ada aksi pengelasan pipa limbah Pindo Deli. Namun ia berjanji jika benar ada aksi seperti itu, akan segera membahasnya degan BPLH Karawang. "Kita lihat kronologisnya seperti apa. Apakah benar Pindo Deli masih buang limbah atau tidak. Memang sebelumnya juga pernah ditutup sama warga. Mungkin warga sudah jengah kali kalau benar Pindo Deli buang (limbah) lagi," kata politisi PDIP ini.
Untuk langkah lebih jauh, dia juga berjanji segera memanggil BPLH untuk menyelesaikan persoalan ini. "Saya secepatnya akan kordinasi dengan BPLH, untuk turun menyelesaikan permasalahan. Makanya nanti kita tunggu keputusan dari BPLH," kata dia.
Kepala Bidang Wasdal BPLH Karawang Mahpudin mengatakan, pihaknya telah memantau secara langsung progres pembenahan saluran pembuangan air limbah dari Pindo Deli 3 ke Sungai Cibeet. "Setelah dilakukan pengecekan, saat ini memang sedang dalam pengerjaan. Dan saat ini mereka sudah tidak membuang lagi air limbah ke Sungai Cibeet, selama belum dinyatakan benar oleh tim," ungkapnya.
Dikatakannya, sebenarnya sanksi dengan kasus serupa yang dilakukan Pindo Deli 3 baru saja dicabut, namun berbeda lokasi. "Jika memang ada lagi pelanggaran, BPLH akan bertindak tegas," ancamnya.
Soal keberanian BPLH menutup Pindo Deli 3, Kepala BPLH Karawang Setya Dharma mengatakan, sejauh ini terus menjadi kajian. Dia berdalih, pihaknya masih memikirkan hal lain terkait tenaga kerja. Karena yang bekerja pabrik tersebut banyak warga Karawang. "Jika ada penutupan total, nasib mereka (warga Karawang) yang bekerja perlu dipikirkan," ungkapnya. (dri/fah)
Berbagi Artikel :

2 komentar:

  1. Cari solusi yg terbaik kalau mahu bela masyarakat trim

    BalasHapus
  2. Kalau hukum dari negara kurang bisa di andalkan oleh masyarakat... maka hukum dari musyawarah masyarakatlah yang berlaku... karena hukum dari negara adalah untuk mengatur hal-hal yang tidak baik, bila hal yang tidak baik di biarkan oleh hukum maka ... masyarakat berhak musyawarah dan mendapat kata mufakat untuk menindak lanjuti hal yang tidak benar dengan baik tanpa ada kekerasan... hal yang di lakukan masyarakat di cibeet menurut saya sudah baik . Kalau di katakan buruk atau tidak benar memungkin kan saja mereka warga masyarakat indonesia memblockkade jalan atau pabrik untuk berhenti beroperasi... dan akan membuat onar... itu masyarakat tidak baik.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template