Perayaan HUT RI Harusnya Dipusatkan di Dengklok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perayaan HUT RI Harusnya Dipusatkan di Dengklok

Perayaan HUT RI Harusnya Dipusatkan di Dengklok

Written By Mang Raka on Rabu, 10 Agustus 2016 | 12.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Elemen mahasiswa Karawang mendesak agar Pemkab Karawang melaksanakan upacara nasional,khususnya HUT Republik Indonesia di Tugu Proklamasi. Pasalnya, tempat itu dianggap lebih tepat sebagai tempat pelaksanaan upacara dibandingkan dengan tempat yang biasanya digunakan di lapang Karang Pawitan (KP). Agar, peringatan seremonial tersebut lebih mengena dan semangat perayaannya bisa lebih dirasakan.
Hamim, mahasiswa Fakultas Hukum Unsika menyebut kan Proklamasi Rengasdengklok sebagaimana diketahui merupakan tempat yang bersejarah bagi perjalanan bangsa Indonesia, khususnya dalam tonggak proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Maka kemudian, akan lebih tepat kalau pelaksanaan memperingati moment bersejarah tersebut digelar oleh Pemkab Karawang ditempat yang berkaitan erat dengan sejarah tersebut. "Biasanya, kalau pelaksanaan setiap upacara memperingati hari-hari bersejarah selalu digelar di Karangpawitan," tandasnya.
Namun kali ini dan kedepan, pinta dia, peringatan itu lebih baik digelar di Tugu Proklamasi Rengasdengklok. Selain akan lebih khidmat dibandingkan dengan di KP, pelaksanaan di Tugu Proklamasi akan lebih menumbuhkan rasa kebanggan terhadap Kabupaten Karawang yang memiliki aset bersejarah. "Para PNS, mahasiswa, pemuda dan maupun warga yang mengikuti upacara tersebut akan lebih mengetahui Kabupaten Karawang yang berkontribusi terhadap kemerdekaan bangsa ini,"ujarnya.
Selain itu, tambahnya, dengan digelar upacara di Tugu Proklamasi,akan lebih meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap aset sejarah di Kabupaten Karawang. Karena, perhatian Pemkab Karawang masih sangat minim terhadap aset sejarah, khususnya Tugu Proklamasi beserta rumah sejarah. Karena, selain banyak coretan, tempat bersejarah tersebut kerap dijadikan tempat pacaran, tawuran dan aksi bejad lainnya oleh oknum-oknum, yang hingga akhirnya meruntuhkan wibawa tempat bersejarah tersebut. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template