Pemkab Karawang Jangan Hanya Diam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Karawang Jangan Hanya Diam

Pemkab Karawang Jangan Hanya Diam

Written By Mang Raka on Rabu, 31 Agustus 2016 | 13.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Dinas Perikanan mendapat kecaman keras dari aktivis nelayan. Sebab paska melancarkan aksi demonstrasi di Jakarta perihal maraknya perompakan, Dinas Perikanan justru tak bergeming dan melakukan hal apapun untuk membantu nelayan. Mereka justru terkesan diam selama perompakan nelayan asal Karawang sering terjadi di perairan Lampung.
Seperti yang diungkapkan Ketua KNPI Kecamatan Cilamaya Kulon, Marjaya Ahmad Setiawan SE. Pengurus Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasirputih ini menilai, Dinas Perikanan sama sekali tidak berperan selama perompakan yang merugikan nelayan terjadi selama bertahun-tahun. Wajar saja, jika pihaknya dan warga pesisir bertanya-tanya, mengapa dinas seolah menutup mata dan telinga atas penderitaan para nelayan. Bayangkan sebut Marjaya, nelayan harus patungan untuk pembiayaan demo masing-masing. Harusnya, itu tidak terjadi apabila pemerintah kabupaten peduli dan responsif atas kejadian ini. Pemkab harusnya melindungi dan memproteksi masyarakatnya yang bertahun-tahun terancam nyawanya saat melaut.
Dengan sikap diam ini saja, sudah menjadi gambaran serius bahwa pemkab selama ini tidak pernah peduli atas kepentingan warga pesisir, baik soal abrasi, perompakan dan infrastruktur darat bagi nelayan. Mereka sebut Marjaya, hanya baru bergerak, saat ada bantuan pusat mengucur miliaran ke pesisir. Seperti sabuk pantai misalnya. "Kita pertanyakan, apakah dinas di kita ini tuli atau sengaja tutup mata? Harusnya istilah patungan untuk demo itu tidak terjadi kalau dinas sudi melihat kondisi ini," tandas dia.
Lebih jauh ia menambahkan, nelayan secara mandiri mendatangi Istana Presiden dan terakhir membuat LP di Dirpolair Polda Metrojaya. Sungguh sangat disayangkan, aksi yang membuahkan hasil itu terjadi tanpa campur tangan Pemerintah Kabupaten Karawang. Terpusatkannya pembangunan di perkotaan, membuat Pemkab Karawang abai terhadap persoalan masalah masyarakat pesisir. Sebab, kata dia lagi, soal perompakan ini sudah berlangsung lama dan volumenya terus menjadi-jadi. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Penangkapan kemaren bukanlah para perompak melainkan pelele. dn saya rasa akan semakin menjadi para pelele dn perompak untuk melakukan aksinya kita simak saja cerita selanjutnya

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template