Pemerintah Pusat Latih Perangkat Desa Buat Profil Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemerintah Pusat Latih Perangkat Desa Buat Profil Desa

Pemerintah Pusat Latih Perangkat Desa Buat Profil Desa

Written By Mang Raka on Kamis, 04 Agustus 2016 | 16.00.00

JATISARI, RAKA-  Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Desa Republik Indonesia mengadakan pembinaan terhadap para perangkat desa yang ada di dapil V yaitu Jatisari, Banyusari, Kotabaru, Cikampek dan Tirtamulya. Mereka diajari bagaimana membuat Profil Desa dan Kelurahan yang sesuai ketentuan pemerintah.
Feri Kurniawan instruktur pelatihan, menyampaikan pembinaan terkait profil Desa dan Kelurahan dari desa untuk Indonesia perlu dilakukan, agar tersusun pusat data desa dan kelurahan di seluruh Indonesia yang terintegrasi dan berkelanjutan.
Mulai dari sektor pembangunan, hingga data statistika dan kualitaif, bahkan ketersediaan data tahunan yang didukung oleh kelembagaan dan pendanaan. "Dengan adanya data profil desa dan kelurahan berskala nasional, maka akan ada gambaran secara menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi SDA, SDM, Kelembagaan, Sarana dan Prasarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi," ujar Feri di aula Kantor Camat Jatisari, Rabu (3/8).
Menurutnya, pengisian data profil desa dan kelurahan yang disampaikan melalui situs internet, syaratnya harus valid (Akurat, Benar, Shahih). Tentunya dapat diandalkan secara menyeluruh dan terkini. Selain itu juga, data itu harus menjadi kesatuan (integral) dengan penyampaian yang cepat, tepat, murah dan terpercaya. "Penyampaian Data terintegrasi pengembangan infrasruktur teknologi informasi dan infrastruktur situs internet  untuk integrasi data base, karenanya data yang dilaporkan harus valid, reliable, komperhensif, up to date, terpercaya, cepat, tepat dan murah," ujarnya.
Salah seorang peserta yang merupakan Sekretaris Desa Situdam, Kecamatan Jatisari, Nunu Nugraha, mengatakan, dengan mengikuti latihan tersebut, wawasan tentang bagaimana membuat pofil desa yang baik dan benar bertambah. Sebab jika tidak valid, maka data base di tingkat pusat akan ngawur. "Kami dibekali ilmu untuk membuat laporan melalui internet dengan cara online yah. Tapi dalam membuka situs ini, karena di desa kami belum tersedia sarananya, maka harus menggunakan modem pribadi," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template