Pemda Didesak Kembali Buat Tempat Buang Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemda Didesak Kembali Buat Tempat Buang Sampah

Pemda Didesak Kembali Buat Tempat Buang Sampah

Written By Mang Raka on Senin, 22 Agustus 2016 | 14.30.00

TEGALWARU, RAKA - Warga Kecamatan Tegalwaru kembali mendesak pemerintah daerah agar membuat Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di wilayahnya. Tuntutan itu dinilai penting direalisasikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan yang selama ini dianggap rendah. Artinya, mereka meminta agar pemerintah memenuhi tanggung jawabnya terlebih dahulu sebelum menuntut tanggung jawab rakyatnya.

Dikatakan tokoh pemuda Desa Kutalanggeng, Ace Rahman (37), kehadiran tempat membuang sampah akhir cukup nanti, dimaksudkan untuk menghindarkan polemik yang terjadi selama ini dilingkungan masyarakat, terutama kalangan petani yang selalu terkena imbasnya. Kebiasaan warga buang sampah di sungai saat ini cukup memprihatinkan hingga sampah mengotori sawah petani. "Ekses polemik cukup terbuka luas jika tidak ada solusi maka penyelenggaraan warga buang sampah di sungai akan menjadi kebiasaan yang tidak ada selesainya. Padahal wajar jika di satu kecamatan terdapat satu tempat pembuangan sampah bagi warga," ucap Ace.
Hal senada diungkapkan ketua kerukunan pemuda Desa Kutamaneuh, Ahmad Jalil (40).TPA menurut dia bisa dijadikan peluang usaha yang bisa menyerap tenaga kerja. Selain itu juga warga bisa didampingi pemerintah menjalan kan usaha mandiri berbasis sampah yang diolah menjadi pupuk organis. "Saya yakin nantinya bisa menyerap tenaga kerja yang handal serta bisa mempelajari cara mengolah sampah hingga jadi pupuk. Dan petani pun akan terbantu dengan adanya itu. Maka ketersediaan pupuk organik pun tidak mesti mendapatkan subsidi dari pemerintah karena bisa mandiri," harapnya.
Hal senada pun di jelaskan Imam (27), mahasiswa Institut Pertanian Bogor semenster akhir ini. Dia menerangkan, dirinya cukup tertarik jika dijadikan pendamping dalam pengolahan sampah hingga menjadi pupuk serta keunggulan pupuk dari sampah akan lebih baik. Selain itu pula warga pun akan terbantu dengan permasalahan sampah selama ini. "Kami berharap warga tidak lagi biasa membuang sampah di sungai dan bisa menyadari dampak serius dari membuang sampah di sungai. Ditambah pula pedangkalan serta sedimensi sungai oleh sampah sudah banyak terjadi. Maka saya berharap pemerintah bisa secepatnya membuat formula tempat membuang sampah akhir agar permasalahan sampah bisa selesai," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template