Pelopor Diskotik di Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelopor Diskotik di Karawang

Pelopor Diskotik di Karawang

Written By Mang Raka on Selasa, 16 Agustus 2016 | 14.00.00

KETERBATASAN literatur ataupun saksi terkadang menjadi kendala untuk memastikan apakah sesuatu itu menjadi yang pertama atau bukan. Demikian untuk jenis hiburan yang saat ini berkembang pesat di Karawang. Masih membutuhkan penelusuran lebih dalam mengenai itu, dan salah satunya adalah keberadaan diskotik, yang menjajikan musik dengan alunan keras.

Kendati demikian berdasarkan penelusuran RAKA, sejumlah sumber akurat dan data yang memperkuat keberadaan Hotel Bestin di Jalan Tuparev menuju arah Johar, yang saat itu sudah menyandang status hotel bintang tiga, satu-satunya tempat yang memungkinkan keberadaan diskotik ketika itu adalah di Hotel Bestin. Hanya saja, bagaimana nasibnya sekarang ini, pun sama-sama tak menguntungkan.
Keberadaan diskotik ini diakui Manager Hotel Bestin, Aju, ketika RAKA mencoba mengkonfirmasi perihal ini. Meski dirinya tidak dapat memastikan kapan persisnya diskotik bestin itu beroperasi, namun dia mengatakan di Hotel Bestin sudah tidak ada lagi diskotik. Pihak managemen sudah menghentikan operasi diskotik ini sudah lama. Aju sendiri tidak mengetahui alasan persis mengapa diskotik itu dihentikan. "Kalau soal diskotik saya tidak begitu tahu. Mungkin berdiri bersamaan dengan ijin operasional hotel. Sebab, diskotik merupakan fasilitas hotel bintang," katanya.
Alasan Aju cukup logis, apalagi ketika itu Hotel Bestin sudah menyandang status sebagai hotel berbintang tiga. Sementara keberadaan diskotek saat itupun menjadi daya tarik paling potensial bagi tamu-tamu hotel. "Kami tidak mau lagi bicara soal diskotik. Sebab, biaya yang dikeluarkan untuk menyulap tempat tersebut menjadi diskotik yang berkelas sangat besar. Manajemen malah lebih cenderung untuk menyewakan lokasi tersebut untuk dijadikan tempat karaoke atau spa," katanya.
Berdasarkan pengamatan RAKA, ada beberapa diskotik yang sempat beroperasi di Karawang. Selain Bestin, diskotik terminal 163 yang masih beroperasi meskipun hanya empat hari dalam seminggu (malam Kamis-Minggu). Diskotik Karawang Indah (KI) sempat beroperasi hingga akhirnya tutup setelah gedung yang berada dibagian belakang hotel KI sekarang Grand Karawang Indah terbakar pada tahun 2000-an silam. Sempat ada pula diskotik Prakasa di daerah Seroja, Pasar Rumput. Kemudian, muncul lagi diskotik  Grand Ami dan sekarang Dewi Air pun menyiapkan fasilitas diskotik setelah sukses menjalankan bisnis karaoke keluarga.
Menyinggung karaoke pertama, mantan Ketua PHRI Karawang H. Diding Syarifudin, MH mengatakan karaoke pertama kali ada di hotel Bestin. Bahkan, sempat juga ada di sekitaran ruko Resinda namun tidak memiliki ruangan khusus. Sehingga tamu atau pengunjung yang hendak bernyanyi harus rela bareng-bareng. Karaoke terminal 163 kemudian hadir dengan konsep yang lebih baik. Sebab, selain menyiapkan tempat karaoke bareng-bareng, pengujung juga difasilitasi dengan ruangan khusus. Meski begitu, jumlah ruangannya hanya belasan. "Saat ini, tempat karaoke menjamur dengan berbagai fasilitas yang sangat memanjakan pengunjung," ujarnya.
Karaoke Aneka Baru menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi tamu hingga saat ini selain Dewi Air. Aneka baru beroperasi sekitar tahun 2000-an disusul Dewi Air, Grand Ami, lotus,Ezka,  Emerald, Ginza, Blue Sky, Holywood.  Untuk Spa juga banyak bermunculan, diluar spa yang merupakan fasilitas hotel bintang. Family spa yang berlokasi di Resinda mungkin yang pertama beroperasi. Kemudian Fortune Spa, D'Crown, D'Princes, Queen Lie, D'milenium. Untuk rumah makan kata H diding, yang pertama kali dibangun diera tahun 1970 adalah Rumah Makan Dukuh yang berlokasi di Jalan  Juanda Kelurahan Nagasari, Karawang. Kemudian disusul RM Sayur Asem, Soto Gempol, Padang Saiyo, Cahaya Baru yang dilengkapi dengan fasilitas penginapan. (ops)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. I love your website, I would appreciate it for a good read this...!!!
    Do not forget a visit back to my website: dj house music

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template