Panwaslu Terancam Tak Punya Anggaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panwaslu Terancam Tak Punya Anggaran

Panwaslu Terancam Tak Punya Anggaran

Written By Mang Raka on Rabu, 10 Agustus 2016 | 15.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Lain halnya dengan KPU Purwakarta yang jauh-jauh hari sudah mengusulkan anggaran kepada Pemda Purwakarta. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) justru sebaliknya.
Beralasan memang, sebab hingga pertengahan 2016 ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI belum membentuk tim pengawas pemilu adhoc tingkat kabupaten. Alhasil, untuk persoalan anggaran pun tidak ada yang mengawal. "Harusnya ada inisiatif dari pemerintah daerah, dalam hal ini Kesbangpolinmas untuk menyiapkan anggaran pengawasan di tahun 2017 bersamaan dimulainya tahapan pemilu," kata Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kabupaten Purwakarta, Hikmat Ibnu Aril, Selasa (9/8).
Kasus Pilkada 2013 lalu, sebut Aril, harus jadi pelajaran penting. Dimana, saat panwaslu terbentuk kala itu, pengawasannya sempat berjalan kurang optimal dampak belum tersedianya anggaran dari daerah. "Hal seperti ini tentu harus diantisipasi. Seluruh tahapan harus benar-benar diawasi maksimal untuk menciptakan pemilu yang berkualitas dan adil," beber Aril.
Apalagi, sambung Aril, pilkada tahun ini dilakukan bersamaan dengan pilgub. Artinya, dalam waktu yang sama, terdapat dua tahapan pemilu yang harus diawasi dan dikawal. Dukungan perangkat dan anggaran tentu harus benar-benar siap. "Berkualitas tidaknya proses pemilu ikut ditentukan oleh kinerja Panwaslu," pungkasnya. (awk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template