Panen di Cikampek Baru 12 Persen - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panen di Cikampek Baru 12 Persen

Panen di Cikampek Baru 12 Persen

Written By Mang Raka on Sabtu, 13 Agustus 2016 | 13.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Areal pesawahan Cikampek sudah memasuki musim panen. Panen perdana di Desa Kalihurip sekitar 7 ton per hektare.
"Alhamdulillah, sudah ada yang penen yah sekitar 12 persen. Di Desa Kalihurip," ujar Kepala Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Cikampek, Jamsar kepada Radar Karawang di areal Pupuk Kujang Cikampek, Jumat (12/8).
Dia menyampaikan, untuk panen kali ini tidak ada kendala kekurangan air seperti terjadi pada musim panen sebelumnya. Pasalnya, di musim lalu, areal sawah yang mengandalkan pasokan air dari Situ Kamojing mengalami kekeringan, karena pasokan air di Kamojing sedikit.
Adapun sawah yang mengandalkan air dari Situ Kamojing adalah, Desa Kamojing, Cikampek Pusaka, Cikampek Selatan termasuk Cikampek Timur. Sedangkan untuk Desa Kalihurip dalam setiap musim tanam dan panen, tidak mengandalkan pompa untuk mengairi sawahnya.
Kusus untuk Desa Kalihurip, memiliki pola tanam yang agak berbeda jika dibanding desa lain. Bahkan saat sudah ada yang panen, pihak BP3K juga langsung memberikan penawaran atau dipersilahkan untuk kembali ditanami. "Kami tawarkan ke petaninya (Kalihurip) kalau mau nanam lagi silahkan. Tapi katanya nggak. Nanti nunggu bareng sama yang lain," ujarnya.
Ia melanjutkan, sawah yang ada di Cikampek secara berangsur akan melakukan panen. Bahkan pihaknya merencanakan untuk melakukan syukuran atas panen yang dinilai cukup melimpah. Karena BP3K juga memiliki areal sawah yang akan segera dipanen. "Paling beberapa hari lagi. Nanti kami undang pas waktu panen," ucapnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template