MTs Ghoyatul Jihad Terapkan Kurtilas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » MTs Ghoyatul Jihad Terapkan Kurtilas

MTs Ghoyatul Jihad Terapkan Kurtilas

Written By ayah satria on Senin, 01 Agustus 2016 | 18.04.00

TELAGASARI, RAKA - Dari puluhan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta di Karawang, kesiapan penerapan Kurikulum 2013 (Kurtilas) hanya mampu dilaksanakan oleh MTs Ghoyatul Jihad Desa Pasirtalaga Kecamatan Telagasari selama 2 tahun terakhir.
Bermodalkan jumlah siswa sebanyak 650 dengan seabreg sarana yang dianggap cukup layak, MTs ini kembali melakukan sosialisasi dan pelatihan Kurtilas hasil revisi di Tahun Ajaran 2016/2017 bagi  semua Guru Sasaran (GS), baik pelajaran umum maupun agama.
Dikatakan Pengawas Madrasah Kementrian Agama (Kemenag) Wilayah KKM Rawamerta, Ade Yahya Mulyana S.pd mengatakan, sudah 2 tahun MTs Ghoyatul Jihad ini menerapkan Kurtilas. Sekolah ini pun dinobatkan sebagai MTs di Telagasari satu-satunya yang menerapkan Kurtilas.
Kesiapan itu sebutnya, selain merupakan inisiatif MTs bersangkutan, juga memang ditunjuk oleh Kemenag karena memiliki siswa 650 dengan kelengkapam sarana yang cukup memadai untuk menerapkan Kurtilas. Dengan dibiayai Biaya Operasional Sekolah (BOS), MTs Ghoji dianggap sukses melaksanakan Kurtilas.
Diakui Yahya, tidak semua sekolah swasta siap menerapkan kurtilas karena terkendala sarana prasarana yang jauh dari standar yang dibutuhkan. "Dari puluhan MTs se Karawang, cuma Ghoyatul Jihad saja yang siap dan sukses melaksanakan kurtilas 2 tahun terakhir," jelas dia.
Ade Yahya menambahkan, madrasah yang dianggap siap melaksanakan Kurtilas diukur dari jumlah serta kesiapan tenaga pendidik, kemudian kesiapan sarana prasarana dan pembiayaaannya. Hanya saja Kurtilas di madrasah ini diakuinya lebih kompleks. Karena bukan saja pelajaran umum yang diterapkan, tetapi juga mata pelajaran agama seperti Aqidah Akhlak, Bahasa Arab, Quran Hadist sampai Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Meskipun demikian, para pengawas sudah mendapatkan pendidikan dan pelatihan bersama GS, termasuk kurtilas sebagai hasil revisi tahun ini.
Sudah siap dimatangkan untuk kelas VII dan VIII mesipun media pembelajarannya seperti IT dan sarana belum sesempurna yang diharapkan. "Semoga bintek Kurtilas hasil revisi ini kembali sukses diterapkan di tahun kedua ini," harap dia.
Sementara itu, Kepala MTs Ghoyatul Jihad Drs Oyok Abdurahman mengatakan, Jumat pekan kemarin, pengawas madrasah kembali bintek para Guru Sasaran (GS) di MTs Ghoyatul Jihad setelah Kurtilas berjalan selama 2 tahun terakhir, meskipun dalam keterbatasan sarana.
Namun walau demikian, kurtilas ini tetap berjalan di kelas VII dan VIII pada tahun ini. Karenanya, guna mematangkan hasil revisi jelang optimalisasi tahun ajaran baru ini, pihaknya bersama pengawas kembali menatar guru. Sebab Kurtilas di madrasahnya bukan saja diberlakukan untuk mata pelajaran umum, tetapi juga rincian mata pelajaran agama seperti SKI, Aqidah Akhlak, Quran Hadist dan Bahasa Arab, karena Kurtilas dilaksanakan disetiap bidang Study, meskipun di kelas IX masih menerapkan KTSP. "Ahlamdulillah para guru sudah faham daya serap administrasi kelas, penilaian dan penyusunan RPP masing-masing, karena pada dasarnya Kurtilas ini sama saja formatnya, hanya beberapa yang direvisi tahun ini," kata dia.
Lebih jauh Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Telagasari ini menambahkan, diterapkannya Kurtilas ini diberlakukan bagi guru PNS maupun non PNS yang jumlahnya 27 orang. Setidaknya dengan diberlakukannya kurtilas, memberikan contoh kesiapan madrasah dalam menghadapi Kurtilas serta berhasil mengikuti perkembangan zaman. Ia berharap, daya serap pemahaman dan kematangan guru-guru madrasah juga semakin cakap dalam menerapkan Kurtilas ini. "Semoga semakin cakap dan selalu siap dengan Kurtilas sebanding dengan sekolah umum lainnya," harap dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template