Malas Membaca Mulai Membudaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Malas Membaca Mulai Membudaya

Malas Membaca Mulai Membudaya

Written By Mang Raka on Sabtu, 06 Agustus 2016 | 12.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Masyarakat Karawang dinilai sudah dilanda buta baca. Padahal, hilangnya budaya malas membaca akan berpengaruh terhadap Sumber Daya Manusia (SDM).
Aditya Johan pemuda desa Talagasari Kecamatan Telagasari menilai wajar kalau Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Karawang masih terendah di Provinsi Jawa Barat. "Buta huruf sudah dientaskan, sekarang warga sudah bisa membaca huruf tapi justru saat ini, Karawang malah dilanda buta baca," katanya.
Ia melanjutkan, program Bupati Dadang S Muchtar meluncurkan agenda keaksaraan di masa kepemimpinannya patut diapresiasi, karena terbukti ampuh mengubah warganya dari keterbelakangan buta huruf. Justru terusnya, saat ini Karawang dihadapkan dengan buta baca.
Itu terus dia, begitu dia disapa, bisa dilihat dari maraknya Alquran, kitab perpustakaan, koran, buku paket sekolah, toko buku, tapi tidak pernah dibaca, dikaji dan menjadi kebutuhan menopang SDM. Sehingga derasnya arus industri di Karawang belum sebanding dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki warganya. "Alquran dan kitab hanya dipajang, buku dan koran diabaikan, inilah yang menjadi dasar saya katakan bahwa warga Karawang dewasa ini memasuki buta baca meskipun buta huruf telah dilalui," ulasnya.
Adit juga menyebutkan, Kabupaten Karawang ini umurnya sudah tua. Sejumlah prasasti yang menjadi tandanya sebuah peradaban ada di sini. Mulai candi Jiwa hingga petilasan Syeh Quro.
Saat orang-orang tahu bahwa kemerdekaan digelar 17 Agustus, justru Rengasdengklok sudah mengibarkan bendera lebih dulu pada tanggal 16 Agustus.
Karenanya, meski jejaknya sudah cukup lama, yang membuat dirinya heran SDM-nya masih rendah dan kalah saing. dia berharap, budaya membaca bisa dihidupkan kembali. Semua guru agama dan pendidikan dasar dimintanya menerapkan perilaku memberi contoh teladan yang baik pada anak-anak. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template