Lomba Agustusan SDN Pulojaya 1 Asah Mental Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lomba Agustusan SDN Pulojaya 1 Asah Mental Siswa

Lomba Agustusan SDN Pulojaya 1 Asah Mental Siswa

Written By Mang Raka on Sabtu, 20 Agustus 2016 | 14.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Ratusan siswa SDN Pulojaya 1 baru bisa memeriahkan lomba Agustusan pada hari Jumat pagi (19/8) kemarin. Pasalnya, berbagai lomba yang siap digelar pada hari pertama masuk sekolah setelah Agustusan itu sempat tertunda lantaran diguyur hujan deras. Meski demikian, lomba yang mempertandingkan antar siswa per kelas itu berlanjut dengan meriah.
Dikatakan Kepala SDN Pulojaya I, Hj Yetty Maryati S.pd, bahwa kegiatan lomba Agustusan di sekolah ini digelar atas inisiatif sekolah dan anak-anak. Meskipun tidak ada edaran secara khusus yang mengharuskannya digelar. Namun, dalam rangka menanamkan jiwa-jiwa dan semangat perjuangan, para siswa dipertandingkan lewat kegiatan internal sekolah ini. Karena, semangat patriotisme ini dibentuk dengan ketelatenan dan keterampilan agar setiap pertandingan yang dilombakan ini bisa mempengaruhi karakter anak. Ada korelasi di setiap lomba dengan sejarah perjuangan, yaitu semangat dan kekompakan antar tim menggapai tujuan. Karenanya, melalui alokasi dari Biaya Operasional Sekolah (BOS), sekolah menyuguhkan hadiah uang pembinaan bagi para siswa yang juara dalam lomba-lomba tradisional ini. "Kita tanamkan semangat perjuangan dan kekompakan antar tim, agar mereka mengulas bagaimana perjuangan para pendahulunya juga," kata dia.
Seyogyanya tambah Yetty, lomba ini digelar pada Kamis (18/8) kemarin. Namun karena mendadak cuaca tidak mendukung lantaran hujan yang mengguyur cukup deras. Mereka pun terpaksa menunda sementara kegiatan ini dan baru bisa digelar pada Jumat pagi. Meski demikian, hal tersebut tentu saja tidak mengurangi antusiasime siswa mengikuti mata cabang lomba yang berbeda-beda. Ia merinci lomba yang dipertandingkannya antara lain membawa kelereng dalam sendok, memasukan paku ke botol, holahoop, membawa air dalam tampah di atas kepala, mencari harta karun, menebak gambar-gambar pahlawan, dan berjalan kelompok menggunakan sarung. Semuanya sebut Yetty, butuh ketangkasan dan percaya diri serta menguji mental siswa-siswanya. "Iya sempat diguyur hujan kemarin mah, jadi ditunda menjadi hari ini yang bisa dilakukan," jelasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template