Lima Hektare Sawah Tertimbun Pasir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lima Hektare Sawah Tertimbun Pasir

Lima Hektare Sawah Tertimbun Pasir

Written By Mang Raka on Selasa, 09 Agustus 2016 | 15.30.00

- Tercemar Limbah Pabrik Tambang

TEGALWARU,RAKA - Sedikitnya, lima hektare lahan pertanian di tiga desa di Kecamatan Tegalwaru tercemar limbah perusaahan tambang batu PT Ersindo dan PT MMS.
Kondisi ini terjadi sudah hampir satu tahun. Selama itu pula para petani meliputi Desa Citalang, Batu Tumpang, dan Desa Tegalwaru terpaksa tidak bisa bercocok tanam, akibat tanah sawah dangkal dipenuhi pasir dan abu batu. Padahal, usaha tani merupakan mata pencaharian utama warga Kecamatan Tegalwaru.
Opit (60), salah satu petani Desa Citalang mengatakan, area pesawahan miliknya kian hari makin dangkal, akibat pembuangan limbah batu yang tidak diperhatikan. "Perusahaan itu tidak memperhatikan pembuangan limbahnya, sehingga pasir dan batu kerikil masuk ke sawah kami," ujarnya, kepada Radar Karawang, Senin (8/8).
Menurut Opit, jebolnya tanggul Sungai Ciakar serta derasnya air hujan beberapa waktu lalu, menjadi penyebab utama masuknya limbah batu perusahaan ke area pesawahan milik petani. "Dan itu sudah terjadi hampir satu tahun lebih. Kami para petani di rugikan karena sawah kami seperti tanah mati," kata dia.
Hal senada juga dikatakan, Dadang Sujana (50), petani lainnya. Tercemarnya lahan pertanian di Tegalwaru, kata dia, sudah lama terjadi akibat lalainya pihak perusahaan dalam pengawasan pembuangan limbah batu. "Kami berharap ada alat berat untuk mengeruk pasir dan batu yang ada dilahan ini," harapnya.
Di tempat terpisah, Kepala Desa Citalang Halir mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat untuk kedua perusahaan atas kejadian tersebut. "Namun sayangnya baik PT Ersindo maupun MMS malah saling tuduh,'' ujar kades.
Meski begitu, pemerintah desa di bantu pihak kecamatan, kata Halir, akan terus berupaya meminta pertanggung jawaban atas kondisi yang dialami para petani. "Tentunya kita akan panggil kembali guna mengatasi derita warga kami," pungkasnya.
Sementara itu, sampai berita ini ditulis, belum ada keterangan dari kedua perusahaan ini. (gan)

Desa yang tercemar limbah tambang
- Citalang
- Batu Tumpang
- Tegalwaru
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template