Lho Kok, Pemilik 161 Kg Sabu Lolos Hukuman Mati - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Lho Kok, Pemilik 161 Kg Sabu Lolos Hukuman Mati

Lho Kok, Pemilik 161 Kg Sabu Lolos Hukuman Mati

Written By Mang Raka on Rabu, 10 Agustus 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Memiliki 161 kilogram sabu ternyata tidak membuat Tommy Lim (35) diganjar hukuman mati oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Karawang yang diketuai Emi Tri Rahayu.
Dalam persidangan yang digelar Selasa (9/8) kemarin, pemilik barang haram terbanyak di Karawang itu, hanya dijatuhi hukuman 18 tahun penjara, denda Rp 5 miliar, subsider 6 bulan penjara. Padahal jaksa penuntut umum (JPU) Herry Novian menuntut hukuman mati.
Dalam amar putusan, Emi menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 132 ayat 1 jo Pasal 114 ayat 2 UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Putusan yang berbeda dengan tuntutan jaksa tersebut, menurut Emi pertimbangannya karena jaksa dinilai tidak mampu menunjukan alasan yuridis dan sosiologis, dalam menuntut hukuman mati. Majelis hakim menilai jaksa hanya melihat berdasarkan jumlah barang bukti dalam perkara ini. "Terdakwa tidak dijatuhi hukuman mati, karena JPU tidak mampu menunjukkan alasan yuridis dan sosiologis," kata Emi.
Mendengar vonis hakim, JPU Herry Novian mengaku pikir-pikir dengan putusan hakim yang jauh dari tuntutan jaksa. Sementara terdakwa Tommy Lim langsung menerima putusan hakim, setelah ditanyakan majelis hakim. “Saya menerima putusan ini yang mulia,” kata Tommy Lim.
Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Slamet Pribadi mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari penyelidikan tentang adanya transaksi narkoba di Surabaya. Kuat dugaan narkoba tersebut akan dibawa ke Jakarta. "Penangkapan dilakukan 19 November 2015 di SPBU Rest Area KM 42 Karawang Barat," katanya.
Saat dilakukan penangkapan, petugas menggeledah mobil boks yang ditumpangi Tommy. Petugas menemukan enam buah kardus warna coklat dan di setiap kardus tersebut terdapat tas koper warna hitam. Dari enam kardus tersebut, total sabu yang disita adalah 161 kg.
Selanjutnya, petugas melakukan pengembangan ke sebuah apartemen di kawasan Ancol Jakarta Utara. Saat akan mengamankan seorang tersangka BC (warga Tiongkok), BC mencoba melarikan diri dengan cara melompat dari jendela apartemen hingga luka parah, yang akhirnya tewas di rumah sakit.
Menurut keterangan Tommy, ia mengambil sabu tersebut dari kurir lainnya yang kini masih dalam pengejaran aparat. Selama ini, Tommy mengaku sudah lima kali melakukan pekerjaan haram ini. (ops/dri)


Bandar Kecil Vonis Mati

Merry Utami
Warga Desa Bogorejo, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
Divonis mati karena membawa 1,1 kilogram heroin

Zainal Abidin
Warga Kelurahan Ilir, Palembang, Sumatera Selatan
Dihukum mati karena memiliki 58,7 kilogram ganja

Melissa Aprilia
Warga Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur
Kurir 3,5 kg heroin dan 3 kg kokain dieksekusi mati

Rita Krisdianti
TKI Ponorogo
Membawa narkoba seberat 4 kilogram

Tri Diah T alias Susi
Warga Jalan Mendalam, Bangil, Pasuruan
Divonis mati memiliki 50 kilogram sabu



Bandar Besar Karawang Luput dari Maut

Tommy Lim
Pemilik 161 kilogram sabu
Divonis 18 tahun penjara

Apip Apriansyah
Pemilik 25,225 kilogram sabu
Divonis 16 tahun penjara

M Husen
Rekan Apip Apriansyah
Divonis seumur hidup

Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template