Laut Cemarajaya Disumbat Karung - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Laut Cemarajaya Disumbat Karung

Laut Cemarajaya Disumbat Karung

Written By Mang Raka on Selasa, 02 Agustus 2016 | 12.00.00

-Rob Susulan Masih Mungkin Terjadi

CIBUAYA, RAKA - Hingga hari ke 5 paska banjir rob yang menerjang pesisir utara Karawang, belum nampak tanda-tanda situasi membaik. Kendati genangan air mulai menurun, namun tak menutup kemungkinan gelombang pasang yang menerjang rumah-rumah penduduk kembali terjadi.
Sebagai langkah antisipasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang memberikan ribuan karung untuk menahan laju air laut. "Sementara bantuan yang kami dapatkan baru 2300 karung berisi pasir, kemudian tenda dan indomie. Kalau untuk pengungsi sendiri, terutama yang di Dusun Cemara 1 dan Cemara 2 sekarang sudah pada pulang ke rumah karena airnya mulai surut," kata Wano Suki warga Cemarajaya kepada Radar Karawang.
Sedangkan di Dusun Pisangan yang menjadi wilayah paling parah terkena dampak banjir genangan airnya masih tinggi. "Apabila nanti air laut naik lagi warga Pisangan akan diungsikan ke SDN Pisangan 3 yang aman dari terjangan air," jelas dia. Ketika disinggung sudah adakah pejabat yang berkunjung, Wano Suki menyebut bahwa baru BPBD saja yang datang. "Sampai sekarang belum ada pejabat pemda yang datang kecuali dari DPRD kayak pak Toto Suripto dan Timan Sukirman," tukas pria berkumis tipis ini.
Sebagaimana diketahui, gelombang pasang selama dua hari di hari Kamis/Jumat pekan lalu menyengsarakan ratusan orang di pesisir Karawang. Warga Cemarajaya Kecamatan Cibuaya, Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon, hingga Tempuran terpaksa mengungsi. Karena ombak setinggi 3 meter menyeret air laut hingga ke pemukiman warga.
Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Radar Karawang, banjir rob terparah terjadi di Desa Cemarajaya. Terjangan banjir Rob pada Kamis (28/7) malam di pantai utara Karawang, itu meluluhlantakan ratusan rumah di Desa Cemarajaya. Kepala Desa Cemarajaya Yong Liem mengungkapkan, banjir rob sudah menghantam 4 dusun di wilayahnya, yaitu Dusun Cemara 1, Cemara 2, Utara dan Pisangan. "Parah sekali. Mungkin ini yang paling parah yang saya tahu. 100 rumah lebih hancur diterjang banjir rob. Jalanan juga pada rusak bahkan nyaris putus," kata dia, Jumat (29/7) kemarin.
Saat ini, sebagian warganya yang menjadi korban terdampak terpaksa mengungsi, karena rumah mereka mengalami kerusakan. Saat disinggung bantuan yang sudah turun, kepala desa menyebut bahwa saat ini belum ada bantuan logistik yang turun dari pemerintah daerah. "Kita belum dapat kalau logistik. Kami baru dapat bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berupa karung berisi pasir, untuk menanggulangi luapan banjir. Ini sedang kami ambil di Karawang," jelas kades.

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template