Lamaran Kerja Bisa Dititipkan di Disnakertrans - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lamaran Kerja Bisa Dititipkan di Disnakertrans

Lamaran Kerja Bisa Dititipkan di Disnakertrans

Written By Mang Raka on Selasa, 09 Agustus 2016 | 12.00.00

KARAWANG,RAKA - Pemerintah Karawang, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang memberlakukan pembuatan kartu kuning disetiap kecamatan, termasuk melakukan penitipan surat lamaran kerja. Selain memberikan kemudahan, kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang ada di Karawang dirasakan secara merata oleh warga Karawang.

Kepala Dinas Disnakertrans Karawang, Suroto mengatakan untuk koordinasi sudah dilakukan dengan semua camat yang ada di Karawang, Senin (8/7). Dan mereka sudah siap baik secara SDM ataupun pendukungnya. "Untuk setiap kecamatan sudah ok, jadi mulai besok (hari ini) masyarakat sudah tidak perlu ke Disnakertrans untuk mengurus surat kuning atau bahkan menitip lamaran kerja," kata Suroto.
Dikatakannya, kedepan masyarakat cukup mendatangi kecamatan masing-masing untuk keperluan pembuatan kartu kuning, termasuk mengirim lamaran kerja. "Dari kecamatan data pelamar akan dikirim melalui data, untuk ditindaklanjuti Disnakertrans. Setelah ada lowongan kerja akan kembali disampaikan baik melalui kecamatan atau informasi melalui group Disnakertrans," jelas Suroto.
Langkah ini juga sekaligus merupakan kebijakan pemerintah Karawang untuk terus mendorong masyarakat Karawang mendapatkan pekerjaan. Dan sebagai komitmen pemerintah Karawang, hingga akhir tahun ini 10 ribu tenagakerja yang ada akan terserap. "Untuk komitmen pemerintah sudah jelas, akan terus mendorong masyarakat bisa mendapat pekerjaan. Dan untuk gelombang pertama sudah ada sekitar 2000 lebih tenaga kerja yang sudah masuk dan Mei hingga Juli 2016 akan menyusul sekitar 2000 lebih juga yang siap ditampung perusahaan dan insyaallah akan dilepas bupati kembali," ungkapnya.
Terkait layanan kartu kuning, Suroto mengatakan semuanya gratis, jika memang ada pungutan cepat laporkan beserta buktinya. Biar bupati yang langsung menindak untuk PNS yang nakal, baik ditingkat kecamatan ataupun di Disnakertrans. "Semuanya gratis, termasuk pembuatan kartu kuning. Jika ada pungutan lapor saya atau lapor bupati," jelasnya. Suroto juga mengatakan kedepan Balai Latihan Kerja (BLK) akan ada disetiap dapil dan untuk saat ini sedang dibangun BLK Pangkalan dan Rengasdengklok.
Camat Rengasdengklok, Asep Wahyu mengatakan, perangkat di Kecamatan Rengasdengklok sudah siap untuk menjalankan program bupati. "Kita sudah siap baik SDM ataupun perangkat untuk pembuatan surat kuning,termasuk penitipan surat lamaran kerja,"kata Asep Wahyu kepada Radar Karawang,seusai rapat pengarahan bupati terkait pengalihan pembuatan surat kuning. Sebelumnya, Wakil Bupati menemukan ada permainan dalam pembuatan kartu kuning di Disnakertrans, sehingga bupati turun tangan bahkan sampai mengumpulkan HRD perusahaan. Dan untuk langkah menjawab atas beredarnya permainan uang di Disnakertrans, pemerintah menunjuk setiap kecamatan sebagai tempat pembuatan kartu kuning. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template