Kerupuk RO Sudah tak 'Renyah' Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kerupuk RO Sudah tak 'Renyah' Lagi

Kerupuk RO Sudah tak 'Renyah' Lagi

Written By Mang Raka on Selasa, 02 Agustus 2016 | 15.30.00

Pemasaran Seret, Jumlah Perajin Berkurang

PLERED, RAKA - Pemerintah diminta merangkul perajin kerupuk khas Plered. Pasalnya, kerupuk berwarna merah muda berbahan dasar tepung tapioka itu terancam punah. Gempuran produk luar menjadi kendala utama yang mengakibatkan perajin kesulitan memasarkan kerupuk khas kota santri itu dan mengancam perajin gulung tikar.
Ya, kerupuk itu dikenal dengan nama kerupuk RO. Kerupuk ini pernah berjaya dan menjadi mata pencarian masyarakat di Kecamatan Plered. Namun saat ini jumlah perajin kerupuk RO dapat dihitung dengan jari. Masyarakat di kota santri itu enggan menggeluti usaha rumahan tersebut. "Laku sih laku tapi hanya kepada peziarah saja. Kalau dipasarkan ke luar kurang laku, karena persoalan seperti munculnya produk-produk luar yang memiliki kemasan yang lebih menarik. Sementara kerupuk RO hanya dikemas dalam plastik putih saja," ujar Ujang Hasan (30), perajin kerupuk RO kepada Radar Karawang, Senin (1/8).
Untuk itu, dia berharap, adanya campur tangan pemerintah terkait, guna memecah persoalan ini. "Seperti adanya pelatihan dan cara pemasaran kerupuk jangan sampai, makanan ringan khas plered hilang," kata dia.
Harapan yang sama juga disuarakan Odah (50), perajin kerupuk lainnya. Ia mengatakan, keberadaan pelaku industri rumahan kerupuk itu belum tersentuh pemerintah. Padahal menurutnya, dengan adanya produk kerupuk tersebut dapat menaikan perekonomian masyarakat setempat. "Home industri ini sudah berjalan selama 30 tahun secara turun temurun. Namun, sampai saat ini kita kesulitan dalam pemasaran. Paling kita hanya memasarkan RO ini ke warung-warung dan berkeliling wilayah Plered dan kecamatan terdekat saja," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template