Keruk Uang dari Semut Rangrang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Keruk Uang dari Semut Rangrang

Keruk Uang dari Semut Rangrang

Written By ayah satria on Jumat, 26 Agustus 2016 | 17.29.00

Kreativitas Entrepreneur Siswa SMAN 3 Karawang

KARAWANG, RAKA - Menjadi pelajar bukan hanya dituntut untuk belajar saja, tetapi mereka juga harus mempu melihat peluang usaha sehingga bisa menumbuhkan jiwa entrepreneurship. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah siswa SMAN 3 Karawang Barat, membudidayakan serangga rangrang di sekolahnya.
Dibimbing oleh Dadan, semut yang digunakan bukan semut sembarangan, melainkan berasal dari semut rangrang yang didapat dari alam terbuka seperti di setiap pohon-pohon yanga ada di halaman. Dengan mengambil rumah dari serangga tersebut, mereka dipindahkan ke tempat yang disediakan oleh sekolah. "Kita ambil dari pohon dan dipindahkan untuk dibudidayakan oleh sekolah, dan dikelola oleh siswa," katanya.
Bukan hanya itu, telur yang dihasilkan dari semut tersebut juga bisa menjadi peluang usaha. Satu kilogram telur serangga dijual Rp 30 ribu. "Lumayan juga kalau dijual ada harganya. Cuma kita baru hanya membuat budidayanya dulu, belum untuk ke arah sana," ungkapnya.
Dia menjelaskan, mengurus serangga juga tidak terlalu sulit dan ribet, hanya menyediakan tempat tinggal semut seperti toples, lalu rutin memberikan makanan seperti jangkrik. Yang jelas kata dia, jangan sampai semut tersebut berkeliaran di tempat terbuka, sehingga bisa membuat telur yang dihasilkan berceceran dimana saja. "Makanya kita sediakan toples, agar telur-telur semut itu bisa berada di dalam wadahnya," ucapnya.
Salah satu siswa yang ikut mengelola budidaya semut rangrang, Susi Susanti mengaku, budidaya semut bisa berjalan dengan baik. Bukan hanya ilmu dan pengetahuan yang siswa dapat, melainkan bisa menjadi peluang usaha bagi sekolah maupun siswa. "Memang baru berjalan 5 bulan, tapi jika kita serius dalam mengelolanya bisa berharga," akunya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template