Kerajinan Tangan Butuh Bantuan Pemerintah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kerajinan Tangan Butuh Bantuan Pemerintah

Kerajinan Tangan Butuh Bantuan Pemerintah

Written By Mang Raka on Selasa, 23 Agustus 2016 | 14.30.00

PAKISJAYA, RAKA - Di tangan pengrajin 'Tiga Bersaudara' ini, sampah kerang laut yang ada di pesisir Pantai Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya diubahnya menjadi hiasan yang menarik dan indah. Barang-barang ini disulap jadi aksesoris, gantungan kunci, bingkai foto, asbak, empat tisu dan hiasan kaligrafi.
Menurut salah seorang pengrajin kerang Warta Boros (36) mengatakan, usaha kerajinan kulit kerang yang digelutinya hampir 8 tahun terakhir ini cakupannya hanya untuk pemenuhan kebutuhan lokal Karawang saja. Namun, karyanya itu pernah di pasarkan keluar daerah, seperti Kota Bogor dan Sumedang. "Saya mempromosikan kerajinan saya dengan mengikuti pameran di berbagai daerah. Melalui promosi itu, akhirnya produksi Tiga Bersaudara ini dilirik peminat yang ada diberbagai daerah," ungkap Warta.
Bahkan ditambahkannya, pada malam tahun baru lalu, lanjutnya, pemasaran kerajinan kulit kerang di wilayahnya itu cukup signifikan hingga laris dan kekurangan. Walaupun di pasarkan di lapak kecil yang ada dipinggiran jalan, kata dia, yang terpenting kualitas dan  harganya tidak mengecewakan konsumen. "Terhitung dari taggal 31 sampai 1 januari 2016 kemarin, kita meraup untung sekitar 11 jutaan. Namun, jika hari-hari biasa pendapatan seperti itu dirasakan sangat tidak mungkin. Karena, para pengunjung pantai di hari biasa sangat sepi," tuturnya.
Hambatan saat ini, ucapnya lagi, yakni tidak adanya bangunan yang memadai untuk memasarkan kerajinan yang mereka buat itu. Saat ini, ia hanya membutuhkan perhatian pemerintah agar para pengrajin di pesisir Pantai Tanjungpakis itu bisa mandiri. "Saya berharap kerajinan seperti ini diperhatikan dinas instansi terkait agar para pengrajin tidak mudah putus asa untuk berkarya," harapnya.(fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template