Kepsek Berprestasi Tidak Lolos Seleksi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kepsek Berprestasi Tidak Lolos Seleksi

Kepsek Berprestasi Tidak Lolos Seleksi

Written By Mang Raka on Jumat, 05 Agustus 2016 | 16.30.00

-Malah Dapat Predikat Kurang Memuaskan

TELAGASARI, RAKA - Dari 90 pendaftar kepala SMP, 48 orang diantaranya dinyatakan layak oleh P4TK Cianjur. Namun, dari jumlah itu ada salah seorang mantan Kepsek SMP yang justru bernasib pahit karena masuk dalam barisan tidak layak. Padahal, Permendikbud Nomor 28 tahun 2015 sudah memberikan kelonggaran bagi mantan Kepsek yang kembali daftar Cakep setelah periodesasi 4 tahun, tidak mesti ikut seleksi maupun Diklat lagi.
Sayangnya, hal itu tidak diberlakukan bagi mantan Kepsek yang sudah 4 tahun menjadi guru kembali di SMPN 2 Telagasari. Dia ialah H Selih S.pd MM yang tahun ini mendaftar Cakep dan ikut seleksi bersama 90 orang pendaftar lainnya. Saat prestasi yang sudah disandangnya sebagai Kepsek SMP terbaik se Karawang tahun 2011 dan pernah menjabat kepala sekolah di lebih dari 4 SMP negeri, Guru bahasa Indonesia ini justru dikategorikan "Tidak Memuaskan" dari hasil seleksi P4TK Cianjur.
Dikonfirmasi RAKA di sela-sela kesibukannya mengajar, H Selih mengakui, bahwa dirinya dinyatakan tidak layak setelah hasil seleksi di P4TK Cianjur. Dirinya memasrakan semuanya pada keputusan pemerintah dan tim seleksi yang sudah mengujinya. Meskipun seleksi tahun ini indikatornya lebih simpel dan fleksibel dan memudahkan peserta menjawab setiap pertanyaannya, baik menyangkut analisis SWOT dan visi misi jauh lebih mudah dari seleksi yang pernah diikuti. Namun, mungkin ada pertimbangan lain yang membuatnya justru tidak lolos. Dirinya tidak akan menyalahkan siapapun atas hal ini. Namun sebagai mantan kepala sekolah dirinya mengira daftar kembali itu akan ditegaskan Permendikbud Nomor 28 tahun 2015, bahwa mantan Kepsek yang sebelumnya sudah periodesasi 4 tahun kebelakang bisa kembali mendaftar, tanpa harus seleksi lagi bahkan tidak mesti ikut Diklat lagi. Soalnya, sertifikat Diklat dan pengalaman sudah dikantonginya saat menjabat Kepsek di lebih dari 4 sekolah. "Iya betul memang saya dinyatakan tidak lolos, tapi ya pasrah saja, tidak mau menyalahkan siapapun, meskipun saya mantan kepsek," kata dia.
Mantan Ketua Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Rengasdengklok ini menambahkan, pahit manis pengalaman sebagai kepala sekolah sudah dilaluinya. Akan tetapi setelah periodesasi, karena usianya yang masih 52 tahun, dirinya mengaku didorong rekan-rekan guru dan sejumlah PNS di lingkungan Disdikpora agar saat ini nyalon lagi sebagai kepala sekolah disamping terpanggil sebagai warga Karawang untuk kembali mengabdi di dunia pendidikan sebagai Kepsek SMP. Lagi pula, kemulusan itu bisa didapatkan usai lolos sesuai Permendikbud 28 tahun 2015 yang tanpa seleksi dan diklat lagi. Apalagi syarat yang dilampirkannya juga lengkap, baik prestasi terbaik kepsek SMP tahun 2011, maupun lainnya. Namun sayang, itu semua tidak menjadi pertimbangan tim seleksi, sampai menempatkan skalanya sebagai calon tidak layak dengan nilai "kurang memuaskan". Meskipun demikian, ia percaya bahwa kemurnian proses seleksi ini benar-benar bisa dipertanggungjawabkan, lagi pula, sebagai PNS, dirinya sudah terikat komitmen kesiapan tugas dalam jabatan apapun dan dimanapun untuk mengabdikan diri pada negara. Sehingga keputusan apapun diusahakannya untuk bisa diterimanya dengan lapang dada. "Saat menyodorkan syarat, ya kami berikan kelengkapan administrasi dan pengalaman yang dimiliki, apapun hasilnya saya percaya mudah-mudahan semuanya murni," jelas dia. (rud)

•Profil H Selih S.pd MM

• Usia 53 tahun
• PNS Golongan 4B
• Mantan Kepsek SMPN 1 Rengasdengklok
• Mantan Kepsek SMPN 1 Tirtajaya
• Mantan Kepsek SMPN 1 Batujaya
• Mantan Kepsek SMPN 2 Tempuran
• Ketua Forum MKKS Rengasedengklok
• Kepsek Berprestasi terbaik tahun 2011
• Priodesasi 2012 menjadi Guru di SMP 2 Telagasari

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template