Kenalkan Pakaian Tradisional Sunda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kenalkan Pakaian Tradisional Sunda

Kenalkan Pakaian Tradisional Sunda

Written By Mang Raka on Sabtu, 13 Agustus 2016 | 16.00.00

- Anak SDN Nagasari 6 Nyaman Pakai Pangsi

KARAWANG, RAKA - Memperkenalkan budaya sejak dini, pelu dilakukan agar anak-anak mengenal budayanya sendiri. Salah satunya dengan menggunakan pakaian tradisional Sunda pangsi yang diterapkan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Nagasari 6.
Hermawati M.Pd, salah satu guru di sekolah ini mengatakan, penerapan seragam Sunda tersebut merupakan suatu bentuk kepedulian sekolah terhadap tradisi yang ada di Kabupaten Karawang. Dengan membiasakan siswa mengenakan pakaian tersebut, setidaknya bisa memberikan dan memperkenalkan adat buadaya Karawang. "Memperkenalkan dan membiasakan kepada siswa, selain pelajaran yang diberikan mereka juga langsung apa yang menjadi budaya Karawang itu sendiri, mulai dari cara berpakaian hingga sejarah lainnya," katanya.
Guru yang bertugas mengajar kelas satu ini juga menjelaskan, bahwa untuk mengenakan pakaian adat ini, dilakukan di setiap hari Kamis dan Jumat. Bahkan dari semua siswa yang ada di sekolah juga sangat mendukung adanya program pengenalan budaya tersebut. "Alhamdulilah siswa juga suka dan kebetulan orangtua juga sangat mendukung," ucapnya.
Dia berharap, bahwa dengan adanya program pengenalan budaya tersebut, bisa memberikan dampak positif terhadap dunia pendidikan, khususnya anak penerus bangsa yang ada di Kabupaten Karawang. Jangan sampai, kata guru yang memiliki wajah manis ini, para pelajar tidak mengetahui sejarah atau budaya kota kelahiran sendiri. "Kalau tidak dilakukan sekarang mau kapan lagi, masih banyak siswa atau bahkan pelajar yang tidak mengetahui budaya kota sendiri, semoga ini bisa memberikan hasil yang positif terhadap pendidikan kebudayaan karawang," harapnya.
Sementara salah satu siswa, Daffa Mikail Ramadan, mengaku sangat senang dan bangga setelah menggunakan seragam adat Sunda tersebut. Karena selain unik, pakaian tersebut juga sangat lucu. "Suka aja bagus sama lucu seragamnya," ungkapnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template