Kembali ke Pancasila dan UUD 1945 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kembali ke Pancasila dan UUD 1945

Kembali ke Pancasila dan UUD 1945

Written By Mang Raka on Selasa, 16 Agustus 2016 | 14.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Wakil Ketua DPRD Purwakarta, Warseno, SE mengatakan, makna kemerdekaan saat ini masih relevan untuk dikemukakan kembali sampai bangsa Indonesia mengalami masa kemerdekaan yang sempurna.
"Mendifinisikan kata kemerdekaan adalah tidak semudah mengatakannya sebagai slogan, apalagi bila kita kaitkan dengan pelaksanaan praktis dalam rangka ketatanegaraan, momen peringatan haruslah menjadi evaluasi perjalanan bangsa ini," ujarnya, saat ditemui di ruang kerjanya. Senin (15/8).
Menurutnya, yang menjadi pertanyaan saat ini adalah, apakah setelah 71 tahun merdeka sebagai bangsa bahkan juga sebagai negara secara konsisten dalam menyusun NKRI yang berkedaulatan rakyat? "Sekali lagi, mari kita kembali pada undang-undang dasar dan Pancasila yang telah diterjemahkan secara benar dalam konstitusi atau UUD 1945," tutur Warseno.
Politisi PDIP Purwakarta itu juga menambahkan, dalam rangka peringatan hari kemerdekaan ke 71, kita sebagai bangsa harus berani back to basic, kembali ke dasar yaitu menggali dan menginterpretasikan Pancasila secara baik dan benar. "Kita semua harus melihat Pancasila sebagai ideologi yang universal. Tentu saja kita juga haru mampu merealisasikan dalam bentuk yang nyata," ujarnya.
Lebih jauh, Warseno mengatakan, tujuan akhir dari keberadaan NKRI seperti yang tercermin dalam sila ke-5 dari Pancasila adalah mewujudkan suatu Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. "Jadi selama keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia belum terwujud, keberadaan NKRI belum berhasil mencapai tujuannya," pungkasnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template