Kapan Renovasi Puskesmas Curug - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kapan Renovasi Puskesmas Curug

Kapan Renovasi Puskesmas Curug

Written By Mang Raka on Selasa, 16 Agustus 2016 | 14.30.00

*Pengajuan Perbaikan Sudah Sejak 2015

KLARI, RAKA - Meski pengajuan sudah dilakukan sejak 2015 lalu, namun sampai saat ini perbaikan gedung Puskesmas Curug belum ada titik terangnya. Padahal, renovasi gedung mesti secepatnya dilakukan, karena kondisi bangunannya sudah mengalami kerusakan yang cukup parah disemua ruangan.

Saat ini pusat layanan dilakukan dalam satu ruangan. Sebelumnya ruangan itu merupakan ruang tempat menyimpan obat-obatan, ketika beberapa ruangan masih bisa difungsikan. Namun, sejak semua ruangan mengalami kerusakan praktis aktivitas pengobatan dilakukan di ruangan tersebut. Itupun kondisinya juga rusak, hanya saja belum terlalu berbahaya untuk dijadikan ruang kantor.
Otomatis karena keterbatasan ruangan pelayanan yang diberikan pun jadi tidak optimal. "Masih belum ada informasi terkait apakah gedung puskesmas akan diperbaikinya kapan. Untuk sementara, terpaksa mau tidak mau proses pelayanan pun dirasakan jadi kurang nyaman, karena ruangannya terlalu sempit sehingga berdesak-desakan," ucap Kepala Puskesmas Curug dr. Asep Gunawan, Senin (15/8).
Asep melanjutkan, Puskesmas Curug dibangun pada 1986. Kini kondisi seluruh ruangan cukup memprihatinkan, sudah hampir semua ruangan yang biasa menjadi pelayanan kepada masyarakat, akibat dari hujan seminggu yang lalu, kini sudah tidak lagi dipergunakan untuk melayani masyarakat. Hal tersebut dikarenakan banyaknya atap ruangan yang ambruk. Seperti poli gigi, balai Pengobatan, IGD dan ruang tunggu sudah mengalami kerusakan yang parah. "Bangunan yang sudah Hampir 30 tahun ini terhitung dari tahun 1986 hingga 2016 belum pernah mengalami perbaikan yang dilakukan pemerintah Daerah selama ini, Sehingga wajar saja kalau hujan minggu kemarin, kondisi yang rusak hanya beberapa ruangan saja, kini semua ruangan sudah dinyatakan rusak parah, dan bangunannya tinggal menunggu ambruk," ungkap Asep.
Selain itu, lanjut dia, akibat banyaknya ruangan yang mengalami kerusakan dibagian atap dan dinding, para petugas dan dokter yang bertugas melayani masyarakat jadi tidak maksimal. Hal itu dikarenakan mereka mesti berbagai ruangan yang cukup sempit. "Untuk tempat pelayanan pun terpaksa menggunakan ruangan belakang yang terlihat masih  bagus. Hal ini dilakukan karena sudah tidak ada lagi ruangan yang bisa digunakan untuk melayani masyarakat," katanya.
Sementara itu, dia menambahkan, untuk proses pelayanan masyarakatan yang berobat dipindahkan ke ruanganan yang dinilai cukup aman. "Ruang pelayanan kini dipindahkan di ruangan saya. Itu sebagai antisipasi karena tidak ada lagi ruangan yang masih bagus. Sehingga keselamatan pasien terhadap ancaman bangunan runtuh pun bisa terjamin," terang Asep.
Kendati itu, dia berharap, agar dalam persoalan ini, diharapkan pemerintah daerah Khususnya Dinas Kesehatan dapat secepatnya, melakukan perbaikan gedung. Karena hal itu sangat diharapkan oleh masayrakat yang berada diwilayah ini, dalam pelayanan yang nantinya akan diberikan oleh para petugas kesehatan. "Kami selaku pegawai puskesmas dan masyarakat sangat membutuhkan infrastruktur bangunan puskesmas yang cukup baik, sehingga nanti mereka dapat dilayani dengan baik pula," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template