Kampus STEI Bina Cipta Madani Cetak Calon Pengusaha Muda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kampus STEI Bina Cipta Madani Cetak Calon Pengusaha Muda

Kampus STEI Bina Cipta Madani Cetak Calon Pengusaha Muda

Written By Mang Raka on Kamis, 18 Agustus 2016 | 12.00.00

KARAWANG- RAKA – Keberadaan mahasiswa saat ini bukan hanya dituntut untuk bisa menjadi seorang akademisi saja, tetapi sekaligus wirausahawan. Seperti halnya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Islam (STEI) Bina Cipta Madani, kemarin (17/8), di kampusnya, perguruan tinggi di kawasan elit Galuh Mas itu menggelar pelatihan kewirausahaan.

Kegiatan itu diperuntukan agar nantinya para mahasiswa/i pasca sarjana dapat menjadi para pengusaha muda diwilayah Kabupaten Karawang. “Memang  perlu adanya dukungan dari Perguruan Tinggi untuk bisa menciptakan lulusan yang kreatif, imajinatif dan berani mengambil resiko. Hal ini dikarenakan pola pikir mahasiswa yang sebagian besar masih termindset untuk menjadi seorang karyawan yang bekerja di kantoran atau perusahaan besar," ungkap Staf Manajemen STEI Bina Cipta Madani, Ahmad Jarkasih SE, di ruang kerjanya.
Mereka (mahasiswa), lanjut Jarkasih, cenderung memiliki rasa gengsi yang jauh lebih tinggi seiring dengan semakin tinggi pendidikannya, yang pada kenyataannya justru membuat kemandiriannya dan semangat kewirausahaannya semakin rendah. Padahal, dalam kondisi semacam inilah perguruan tinggi memiliki peran penting dalam menciptakan peluang kewirausahaan bagi mahasiswanya.
Menurutnya, program yang diselenggaran Pihak Kampus STEI Bina Cipta Madani, yang memang setiap bulannya, selalu melakukan pelatihan kewirausahaan, dimana hal itu, nantinya dapat menjadi bekal bagi mahasiswa/i yang berada di kampus itu. “Biar nanti ada bekal, serta materi pendalaman tentang kewirausahaan jadi pihak kampus sengaja mengadakan pelatihan Kewirausahaan di lingkungan kampus,” paparnya.
Oleh Sebab itu, dia melanjutkan, diharapkan dengan adanya pelatihan kewirausahaan itu secara kontinyu dapat mencetak generasi muda, yang berjiwa enterpraneur. Hal ini memang sesuai dengan apa yang menjadi visi kampus kedepannya. “Kami berharap nanti pasca sarjana mahasiswa disini, dapat menjadi pengusaha di karawang. Soalnya, inipun tidak jauh berbeda dengan visi misi kampus kami ini,” katanya.
Sementara,  Irwan satriyo Nugroho. MM Ketua super Vaiser PT. HM. Sampoerna, diusai penyampaian materinya, mengatakan, sangat mengapresiasi apa yang menjadi program kampus STEI Bina Cipta Madani Karawang. Dengan adanya kerjamasama dengan pihak PT. Sampoerna, untuk menjadi pemateri dibidang kewirausahaan. Diharapkan nantinya,  mahasiswa yang tengah dipersiapkan bakal calon pengusaha diwilayah Kabupaten Karawang, dapat terwujud. Maka itu, dalam penyampaian materi pun, sengaja diberikan materi tentang distribusi. Materi itu wajib dipahami dan menjadi modal dasar untuk para pengusaha dalam menjalankan usahanya nanti. “Dalam penerapan ilmu-ilmunya, memang sengaja diberikan materi distribusi, karena materi ini merupakan sebuah mata rantai wajib para pengusaha nantinya,” ucap dia.
Selain itu, sambung dia, mahasiswa di berbagai angkatan atau semester yang ada di STEI Bina Cipta Madani Karawang ini, cukup aktif dalam forum, dimana di materi kewirausahaan. “Para peserta pelatihannya cukup aktif saya harap. Ini bukan kali pertama berbagi pengalaman serta diskusi dari pihak kami dengan para mahasiswa/i, apalagi respon mahasiswa pun tinggi terhadap kegiatan itu,” katanya.
Hal serupa disampaikan, salah seorang peserta pelatihan kewirausahaan, Jeje Pauzi, mahasiswa semeter tiga jurusan ekonomi Syariah. Menurut dia, pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan pihak Kampus cukup efektif dalam mempersiapkan generasi muda yang berintelektual, menjadi para pengusaha. Dengan adanya pelatihan Kewirausahan yang setiap bulannya. Diharapkan ini nantinya, dapat menjadikan sebuah program yang berkesinambungan. “Pelatihan ini akan menjadi modal kami untuk menjadi mahasiswa yang berkualitas dimasa yang akan datang," ucapnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template