Kades Sukatani Dilaporkan ke Polisi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Kades Sukatani Dilaporkan ke Polisi

Kades Sukatani Dilaporkan ke Polisi

Written By Mang Raka on Senin, 29 Agustus 2016 | 15.00.00

- Dituding Ambil Alih Paksa Retribusi Pasar

SUKATANI,RAKA - Buntut disharmonisasi antara pengelola Pasar Anyar Bendul Sukatani dengan pemerintah desa, Kepala Desa (Kades) Sukatani dilaporkan pengembang ke polisi. Kades dituding telah menghasut pedagang pasar dan mengambil alih paksa retribusi pasar.
PT Katuma selaku pengelola Pasar Anyar Bendul Sukatani, melaporkan Kades Sukatani Asep Sumpena ke polisi atas penyerobotan dan penghasutan pedagang pasar. "Minggu kemarin kita sudah buat LP terkait pengambilan secara paksa yang dilakukan pemerintah desa melalui kepala desa," ujar Krisbanu, perwakilan PT Katuma kepada Radar Karawang, Minggu (28/8).
Pelaporan tersebut, kata Krisbanu, bukan tanpa alasan. Banyak pelanggaran yang dilakukan pemerintah desa salah satunya pengambilan alih secara paksa retribusi pasar dari pihak pengelola. "Yaitu tadi semua di ambil alih tanpa adanya musyawarah terlebih dahulu," kata dia.
Padahal, lanjut Krisbanu, pihaknya sebagai pengembang berupaya membuat kondisi pasar lebih baik. Kaitanya dengan permasalahan koordinasi dengan pihak desa, hal itu sudah dilakukan bahkan sebelum kepala desa yang sekarang. "Kita berupaya untuk memperbaiki kondisi Pasar Sukatani, jikapun pemerintahan desa dalam hal ini kepala desa berkeinginan untuk melakukan kerjasama atas pengelolaan pasar, kita membuka ruang selebar-lebarnya untuk melakukan komunikasi. Namun, pemerintah desa seakan arogan langsung mengambil alih secara paksa," kata dia.
Di tempat terpisah, Kepala Desa Sukatani Asep Sumpena mengatakan, pihaknya tidak takut atas pelaporan yang dilakukan pihak PT Katuma. "Kami dari pihak pemerintah desa tidak takut dilaporkanya saya ke pihak berwajib. Karena sampai saat ini pihak pengelola itu bisa membuktikan legalitas pengelolaan pasar," ujar kades.
Kades menjelaskan, berdasarkan hasil musyawarah dengan Ikatan Warga Pasar Anyar Sukatani (Iwapas) pada awal Agustus lalu, banyak permasalahan yang terjadi di lingkungan pasar tersebut. "PT Katuma selaku pengembang dan pengelola pasar tidak bisa memperlihatkan legalitasnya dan tidak bisa menyelesaikan surat kepemilikan atas kios-kios yang sudah lunas," ujarnya.
Kades melanjutkan, pengembang juga tidak bisa memperlihatkan bukti perubahan site plan terakhir yang disahkan oleh dinas terkait. "Jika bicara kontribusi PT Katuma pada Desa Sukatani, sampai kini kami anggap belum jelas," pungkasnya. (gan)

Kesalahan Kades Sukatani menurut PT Katuma
- Ambil alih paksa retribusi pasar

Alasan Kades Sukatani
- PT Katuma tidak bisa menunjukan legalitas pengelola pasar
- Berdasarkan musyawarah dengan Iwapas
- PT Katuma tidak bisa menyelesaikan surat kepemilikan kios yang sudah lunas
- PT Katuma tidak memperlihatkan bukti perubahan site plan
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template