Ispa Mengancam Warga Plered - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ispa Mengancam Warga Plered

Ispa Mengancam Warga Plered

Written By Mang Raka on Rabu, 03 Agustus 2016 | 12.00.00

PLERED,RAKA - Tingginya penderita inspeksi saluran pernafasan (Ispa), nampaknya menjadi penyakit serius di Kecamatan Plered. Pasalnya, dari sekian banyak pasien yang berkunjung ke puskesmas di wilayah itu, rata-rata mereka menderita penyakit Ispa.
Data yang berhasil di himpun Radar Karawang di Puskesmas Plered dari bulan Juli 2016, tren penderita Ispa yang rawat jalan cenderung fluktuatif. Namun, jika ditarik ulur dari bulan Januari 2016 hingga sekarang maka jumlah penderita sangat banyak. "Penderita Ispa rata-rata usia balita. Pada bulan April ada sekitar 887 pasien. Mei 800 pasien dan Juni sekitar 792 pasien," kata Kepala Puskesmas Yeyet Sulistiawati, melalui Rinrin, penanggung jawab Balai Pengobatan Puskesmas Plered, Selasa (2/8).
Menurutnya, penyakit Ispa dapat ditimbulkan dari beberapa faktor, selain polusi udara dan makanan tidak higienis juga faktor lingkungan. "Serta dipicu pengaruh suhu yang dingin. Sebab, dalam keadaan suhu dingin itu, kekebalan tubuh manusia cenderung menurun," terangnya.
Dia menjelaskan, gejala awal dari penyakit yang disebabkan virus dan bakteri itu sangat mirip dengan batuk dan pilek. Dimana hidung tersumbat kemudian berair juga sakit tenggorokan dan meriang. "Susah membedakan antara penyakit batuk, pilek biasa dan Ispa," kata dia.
Banyaknya pasien penderita Ispa yang berkunjung ke Puskesmas Plered, lanjut Rinrin, tidak hanya didominasi warga Plered saja. Akan tetapi, dari luar kecamatan seperti Darangdan, Tegalwaru, dan Sukatani. "Karena mereka beralasan Puskesmas Plered sangat mudah dijangkau dan startegis ada juga yang sekalian belanja," pungkasnya. (gan)

Data penderita Ispa di Puskesmas Plered
- April 887 pasien
- Mei 800 pasien
- Juni 792 pasien

Penyebab Ispa
- Polusi udara
- Makanan tidak higienis
- Lingkungan kotor

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template