Hentikan Perang Komentar Soal Calon Kepala UPTD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hentikan Perang Komentar Soal Calon Kepala UPTD

Hentikan Perang Komentar Soal Calon Kepala UPTD

Written By Mang Raka on Sabtu, 20 Agustus 2016 | 14.00.00

-Hanya Baperjakat yang Berhak Menilai

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Polemik antara kepala sekolah dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKPS) soal kelayakan calon Kepala UPTD PAUD/SD bikin gerah Kelompok Kerja Guru (KKG). Organisasi ini meminta semua pihak tidak sembarangan berargumentasi mengenai jabatan dan karir PNS yang sebenarnya menjadi domain Badan Pertimbangan Jabatan dan Karir (Baperjakat). Karena selain instansi ini tidak elok ia juga memberikan kesimpulan, perihal layak dan tidaknya karier seseorang menjabat posisi strategis tersebut.
Sekretaris KKG Kecamatan Lemahabang Abdul Kodir S,Pd, mengatakan bahwa polemik yang melanda dunia pendidikan perihal kepala sekolah yang akan ditempatkan menjadi UPTD PAUD/SD, adalah kewenangan Bupati dan Baperjakat. Tidak elok jika satu atau dua organisasi mengintervensi profesionalitas lembaga ini. Jikapun berpendapat seperti yang selama ini dilontarkan para pengawas dalam Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) seperti kinerja dan profesionalitas Kepsek, wajar-wajar saja. Tetapi, kata dia, bila menyinggung layak tidaknya seseorang menduduki jabatan atau karir merupakan tindakan yang berlebihan mengingat itu menjadi kewenangan Baperjakat. "Kalau KKPS membina kinerja dan profesionalitas kepala sekolah itu hal wajar, tapi jika sudah menyinggung karir dan jabatan soal ideal atau tidaknya mengisi jabatan Struktural, ini yang offside, biarlah hal itu jadi wewenang Baperjakat," Ungkapnya.
Lebih jauh mantan Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung ini menambahkan, pro kontra atas persoalan ini diharapkan tidak berlarut. Semua pihak harus menghargai Baperjakat yang memiliki wewenangnya menentukan seseorang untuk menjabat. Jangankan KKPS maupun Kepsek, dirinya juga tidak layak menyimpulkan seseorang layak ditempatkan atau tidak dan memilih tidak komentar. Berbicara apapun dan berpendapat apapun sebut Kodir, adalah hal yang sah-sah saja, tapi harus sesuai fungsinya. Tidak boleh lagi menjustifikasi karir seseorang. "Karir dan jabatan adalah domain Baperjakat, berpendapat sah-sah saja asal sesuai fungsinya tanpa menjustifikasi," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template