Hasil Panen Bandeng di Cibuaya Musim Ini Menurun - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hasil Panen Bandeng di Cibuaya Musim Ini Menurun

Hasil Panen Bandeng di Cibuaya Musim Ini Menurun

Written By Mang Raka on Senin, 22 Agustus 2016 | 15.00.00

CIBUAYA, RAKA - Para petambak bandeng di daerah pesisir pantai Karawang mengeluhkan kondisi geografis dan cuaca ekstrem akhir-akhir ini yang melanda wilayah tersebut. Pasalnya, akibat cuaca yang ekstrem para petambak mengaku hasil panen kali ini berkurang. Hal ini disebabkan oleh meluapnya air di tambak akibat guyuran hujan yang membuat sebagian bibit bandeng ikut hanyut terbawa luapan air hujan itu,
Dikatakan Amshori warga Dusun Pisangan Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya dimana sebagian wilayah desa tersebut digunakan untuk areal pertambakan bandeng. ”Sebagian wilayah kami memang banyak tambak, karena kebanyakan warga kerjanya ya ngurusin tambak, cuma untuk panen bandeng kali ini, hasil yang kita dapatkan menurun,” keluhnya saat dijumpai Radar Karawang di sela-sela panen bersama petambak yang lain.
Diungkapkannya, kerugian yang dialami oleh mereka pun bisa dibilang lumayan besar. Tak tanggung-tanggung mereka mengklaim telah kehilangan berton-ton ikan akibat Rob yang melanda daerah Pisangan beberapa waktu lalu. ”Waktu hujan besar, air di tambak meluap dan sebagian bibit dan benih yang sudah kita sebar kayaknya ikut hanyut dan terbawa air. Biasanya kita bisa panen hingga puluhan ton, kemarin saja panen tertinggi kita bisa nyampe 80 ton dengan luas areal tambak ratusan hektar di wilayah kami, sekarang cuma 60 ton,” jelasnya.
Hal yang sama pun diungkapkan Liem kie in, menurutnya hasil panen kali ini terganggu karena disebabkan abrasi dan ROB yang menghantam hampir di semua pinggiran pantai yang sebagiannya merupakan areal tambak. ”Sudah kena banjir, daerah kita juga kena abrasi, jadi air laut yang datang kadang membuat debit air ditambak ikut naik,” ucap Liem. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template