Hasil Laporan Inspektorat Harus Diserahkan ke Bupati - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hasil Laporan Inspektorat Harus Diserahkan ke Bupati

Hasil Laporan Inspektorat Harus Diserahkan ke Bupati

Written By Mang Raka on Selasa, 23 Agustus 2016 | 14.00.00

TEMPURAN, RAKA - Pemeriksaan reguler sejumlah desa di Kecamatan Tempuran sudah berlangsung 2 minggu terakhir. Meskipun dekat dengan wilayah kota, Tim Inspektorat yang dipimpin Irban 1 ini menggarap 2 desa dalam sehari. Bahkan, hasil Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) di setiap desa juga pantang dipublikasikan.
Senin pagi (22/8), Tim Irban 1 Inspektorat Karawang memeriksa Desa Pagadungan dan Desa Pancakarya sekaligus. Meskipun tidak dihadiri Ketua Tim Irban 1 karena berhalangan, namun pemeriksaan 4 aspek tersebut tetap berjalan
Anggota Tim Irban 1 Asep Nugraha mengatakan, sebagaimana hasil musyawarah dengan kades, pemeriksaan dilakukan 2 desa dalam satu hari.
Namun, yang terpenting, meskipun menggarap 2 desa sehari, tim pemeriksa dipastkan memiliki standar pemeriksaan sebagaimana diatur dalam prosedur tetap (protap). 4 aspek seperti kebijakan, kelembagaan, aset dan keuangan sudah masuk dalam pemeriksaan. "Sehari dua desa itu hasil kesepakatan bersama, tapi yang penting pemeriksaan itu sesuai standar protapnya," jelas dia.
Lebih jauh saat disinggung presentase Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pada tahun sebelumnya, Asep mengaku tidak bisa menyampaikannya, karena hasilnya terikat oleh Perbup dimana LHP harus disampaikannya ke bupati. Dirinya yang terjatah memeriksa Sekdes dan Kasie Pemerintahan Desa ini mengaku sudah menjalankan tugas pemeriksaan kepada para pegawai desa ini sesuai dengan Perda 13 tahun 2014 setelah perubahannya dari Perda lama Nomor 6 tahun 2006.
Ia tekankan, sebagaimana tuntutan Perda, seorang sekretaris desa harus bisa mengoperasikan komputer. Sebab prasayaratnya juga sudah minimal SMA. "Kami tidak bisa menyampaikan urusan LHP, karena terikat Perbup harus disampaikannya ke bupati," jelas dia.
Sementara itu, Kades Pagadungan Olim mengatakan, tahun sebelumnya hasil LHP desanya sekitar 75 persen, karena terkendala pembayaran pajak kendaraan. Namun, semua itu sudah dipenuhi hingga sempurna 100 persen. Olim mengaku, jikapun hari ini LHP masih ada kekurangan, kekurangannya tidak bisa langsung dipenuhi sehari dua hari walaupun desa suda siap. "Tahun kemarin kita LHP sempat 75 persen, tapi sudah sempurna 100 persen, jikapun saat ini ada kekurangan, pemenuhan temuan itu tidak bisa diselesaikan langsung walau desa sudah siap sekalipun," jelas dia.
Dikirimi pesan singkat RAKA terkait terkait boleh dan tidaknya pemeriksaan reguler dilangsungkan 2 desa dalam sehari, sampai berita ini ditulis, Kepala Inspektorat Karawang H Endang Somantri belum memberikan balasan. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template