Hari Ini Desa Sumurgede Diduduki Warga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hari Ini Desa Sumurgede Diduduki Warga

Hari Ini Desa Sumurgede Diduduki Warga

Written By Mang Raka on Rabu, 24 Agustus 2016 | 15.00.00

-Tak Sabar Tunggu Sikap Pemkab

KARAWANG, RAKA - Setelah warga Sumurgede Jumat (19/8) kemarin mendatangi  Komisi A DPRD Karawang, mereka kembali mendatangi Komisi A DPRD untuk menagih janji surat rekomendasi untuk bupati yang akan diberikan anggota dewan.
Tamin perwakilan warga mengatakan surat rekomendasi sudah ada, namun memang ada kesalahan dan sedang diperbaiki. "Untuk surat sedang diproses," katanya. Selain mendorong surat rekomendasi DPRD ke Bupati Karawang, hari ini, mereka juga akann melakukan aksi unjuk rasa di kantor Desa Sumurgede untuk menemui Badan Permusyawarahan Desa (BPD). "Warga akan datang menanyakan keputusan MA, dan kemungkinan akan melibatkan ribuan warga. Izin ke polisi dan kecamatan sudah ada," ungkapnya.
Selama ini, warga sudah sabar menunggu proses hukum hingga akhirnya memiliki kekuatan hukum final dan mengikat. Namun setelah final pemerintah malah mengabaikan. "Jangan meremehkan perjuangan warga, meski tidak tahu hukum tapi berusaha taat hukum. Lah kok justru pemerintah yang pasti tahu hukum malah sebaliknya tidak taat hukum. Dan aksi besok akan membuktikan kalau warga itu ada," jelasnya.
Ditambahkan ia, aksi besok bukanlah aksi anarkis melainkan untuk menunjukan kalau warga taat hukum sudah menggu sejak lama. "Kalau tidak menjalankan hukum,lantas cara apa yang harus dilakukan," tanya warga.
Sekjen FKBPD Karawang, Deden Nurdiansyah mengatakan terkait akan adanya PK kembali yang dilakukan Kades Yahya tergugat, itu merupakan hak dan tidak dilarang. "Kita menghargai upaya hukum yang dilakukan Kades Yahya. Tapi harus diperlakukan permohonan PK tidak bisa menunda sesuai ketentuan pasal 66 ayat 1UU No.51 tahun 2009 tentang Peradilan Tata Usaha Negara (Partun)" kata Deden saat mendampingi warga Sumurgede kembali mendatangi DPRD Karawang.
Sebagaimana diketahui, sebelumnya rencana Pemerintah Kabupaten Karawang mengajukan peninjauan kembali (PK) kedua, dibalas dengan kedatangan belasan warga Desa Sumurgede, Kecamatan Cilamaya Kulon, ke kantor DPRD, Jumat (19/8) pekan lalu.
Namun, entah apa alasannya Kabag Hukum Setda Karawang Kiki Saubari dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Ahmad Hidayat, tidak menghadapi warga saat hearing dengan Komisi A.
Perwakilan warga Sumurgede, H Alwi mengancam akan menggelar aksi massa jika pemkab menyepelekan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang memerintahkan pilkades ulang. "Sekarang sudah ada keputusan hukum yang inkrah. Tapi pemerintah dan DPRD terkesan menyepelekan produk hukum, yang seharusnya jadi panglima di negeri ini," kata Alwi.
Penggugat hasil Pilkades Sumurgede, Dedi Mulyadi mempertanyakan itikad baik pemerintah. Karena selama ini warga Sumurgede dipingpong. Dan yang disesalkan warga, Komisi A juga terkesan tidak menganggap penting putusan PTUN. "Kita mempertanyakan ketegasan pemerintah. Melalui DPRD ini kita meminta sikap untuk memperjuangkan keputusan hukum yang sudah final," tegasnya.
Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMPD, Budiman mengatakan, pihaknya sudah melakukan kajian soal putusan PTUN. Saat ini, hasil kajian tersebut sudah diberikan kepada kepala BPMPD. "Sudah kita sampaikan. Selanjutnya itu ranahnya pimpinan," kata Budiman.
Ketua Komisi A Indriyani ST mengatakan, akan mengirim surat kepada pemerintah agar secepatnya melaksanakan putusan PTUN, setelah Mahkamah Agung menolak PK pertama. "Selasa depan akan kita kirim surat, meminta pemerintah secepatnya melaksanakan pilkades ulang," kata Indriyani yang diamini anggota Komisi A, Ahmad Rifai.
Ditanya sejauh mana usaha DPRD memperjuangkan aspirasi warga Sumurgede, Indiyani mengatakan persoalan teknis ada di tangan pemkab. "Untuk teknis ada di pemerintah, tapi kita akan mendorong," ujarnya. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template