Harga Gabah Kering Anjlok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Harga Gabah Kering Anjlok

Harga Gabah Kering Anjlok

Written By Mang Raka on Rabu, 24 Agustus 2016 | 16.30.00

- Petani Disarankan Tunda Jual Gabah

PURWAKARTA,RAKA - Para Petani di Purwakarta, berharap harga gabah padi kering bisa kembali normal. Pasalnya, dimusim panen tahun ini, harga gabah cenderung turun.
Padahal, sebelumnya harga gabah padi bisa tembus hingga Rp 6000/Kg. Namun, saat ini harga padi dikisaran Rp 4500/Kg. Penurunan harga gabah padi tersebut, mulai dikeluhkan petani di sejumlah wilayah di Purwakarta.
Seperti di ungkapkan Uduy (52), petani asal Kecamatan Plered, jelang musim panen, kata dia, harga biasanya tidak stabil. "Malah turun, hal itu tidak sebanding dengan biaya penanaman dan perawatan selama musim tanam kemarin," ujarnya, kepada Radar Karawang, Selasa (23/8).
Menurut Uduy, anjloknya harga gabah kering, selain tidak sebanding dengan biaya biaya tanam, banyak tengkulak enggan membeli gabah dengan harga normal. "Dengan alasan para tengkulak bilang kualitas padi kami rendah atau stok mereka sudah banyak," ujarnya.
Hal senada juga dikatakan Nengsih (41), petani asal desa Tegalsari, Kecamatan Tegalwaru. Padi kering yang sudah siap jual, kata dia, sengaja disimpan terlebih dahulu sampai harga gabah kembali normal. "Karena jika dijual saat ini pasti harga murah dan sudah pasti kita akan rugi," kata Nengsih.
Dengan kian merosotnya harga gabah kering, para petani berharap pemerintah dapat turun tangan guna menjaga kestabilan harga gabah padi di pasaran.
Di tempat terpisah, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Purwakarta Dedi Setiadi mengatakan, turunnya harga gabah padi kering saat ini kata dia, akibat panen yang merata di suluruh lahan di Purwakarta. Untuk itu, pihaknya menghimbau, agar para petani tidak terburu-buru menjual hasil panen mereka. "Ya panen gabah kualitas bagus (kadar air 14 prosen) bisa simpan terlebih dahulu nanti pada masa paceklik bisa jual dan itu hukum ekonomi pasar," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template