Gerakan Literasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gerakan Literasi

Gerakan Literasi

Written By Mang Raka on Rabu, 10 Agustus 2016 | 17.30.00

- Siswa SMPN 3 Karbar 15 Menit Baca Buku Sebelum Belajar

KARAWANG, RAKA - Dalam menjalankan amanat dari kemendikbud untuk menerapkan gemar membaca, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Karawang Barat mulai menggaungkan gerakan literasi kepada para siswa-siswinya. Gerakan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca dan menuntaskan kebodohan pengetahuan umum di kalangan pelajar.
Kepala SMPN 3 Karawang Barat, H Herman MPd mengatakan, gerakan literasi meruapakan program Kementrian Pendidikan Republik Indonesia, yang ditujukan kepada para siswa dan kalangan yang berada di lingkungan pendidikan. Maka dari itu, kata dia, SMPN 3 Karawang Barat merupakan sekolah pertama yang akan memulai gerakan tersebut. "Pada 9 Agustus 2016 para siswa-siswi SMPN 3 Karawang Barat sudah memulai gerakan literasi yaitu membaca buku umum selama 15 menit sebelum memulai mata pelajaran," katanya.
Dengan demikian, lanjutnya, para siswa SMPN 3 Karawang Barat akan terbiasa dengan membaca dan pengetahuan umum para siswa akan bertambah. Karena menurutnya, siswa bukan hanya sebatas membaca melainkan di bimbing untuk bisa memahami isi bacaan yang berada dalam buku yang di baca. "Dengan membaca kita akan mengetahui dunia, karena buku adalah jendela dunia," ucapnya.
Dia menjelaskan, bahawa 15 menit pada saat masuk sekolah atau sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, siswa diwajibkan membaca buku, baik saat jam istirahat ataupun selepas pulang sekolah. "Kami akan terus mengevaluasi hasil dari bacaan para siswa, karena siswa akan membaca buku fiksi dan non fiksi," tuturnya.
Selain itu, gerakan literasi di SMPN 3 Karawang Barat juga di program secara khusus. Yaitu dengan menggunakan program AIH yang bermakna Alasan apa siswa membaca buku? Isi dalam buku yang harus dipahami? dan Hikmah apa yang didapatkan dari membaca buku? "Jadi kami tidak asal membaca namun semuanya terprogram dengan baik," tuturnya.
Dikatakanya pula, bahwa SMPN 3 Karawang Barat juga sudah mengukuhkan tim pokja Adiwiyata tingkat nasional. Dimana tim tersebut diberikan tugas untuk terus memantau perkembangan, kedisiplinan, dan kebersihan sekolah. "Tim ini terdiri dari siswa, guru dan caraka sekolah. Dimana semuanya memiliki tugas yang berarti dan berkaitan dengan persiapan perlombaan Adiwiyata Nasional," pungkasnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template