Fly Over Kosambi Dibangun 2017 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Fly Over Kosambi Dibangun 2017

Fly Over Kosambi Dibangun 2017

Written By Mang Raka on Selasa, 09 Agustus 2016 | 16.00.00

*Konsorsium Perumahaan di Karawang Siapkan Rp 120 Miliar

KLARI, RAKA – Akhirnya, angin segar itu muncul juga dari konsorsium para pengembang perumahan di Karawang. Mereka berencana membangun fly over sepanjang 1 km di Kosambi, Kecamatan Klari.

Informasi yang dihimpun Radar Karawang, Senin (8/8), rencana pembangunan fly over (jalan layang) itu Untuk mengurai kemacetan lalulintas di kawasan Pasar Kosambi dan sekitarnya. Rencana itu baru akan direalisasikan pada 2017 mendatang. Sementara  dana pembangunan diperkirakan mencapai lebih Rp 120 miliar dan keseluruhannya didanai oleh konsorsium.
Terkait itu, Kepala Desa Duren, Abdul Halim, ketika dikonfirmasi rencana pembangunan fly over di wilayahnya sama sekali tidak menampik. “Ya benar, rencananya tahun 2017 akan dibangun Fly Over di Pasar Kosambi. Itu dilakukan dalam rangka mengatasi kemacetan yang sering terjadi di Pasar Kosambi dengan mengunakan dana hasil dari konsorsium para pengembang perumahan di karawang,” tandas Abdul Halim, diruangan kerjanya.
Dia melanjutkan, secara teknis fly over akan dibuat dengan melintasi Pancawati-Walahar dan Jalan Baru-Cikampek dengan panjang mencapai 1 Km. Progress pembangunan sendiri saat ini masih dalam proses lelang, ditargetkan pembangunan dapat segera dimulai pada tahun 2017 mendatang. bahkan, tambahnya, Detail Engineering Design (DED) nya sudah ada. "Tinggal proses lelangnya pelelangan dari para pemborongnya saja," tegas Halim.
Halim sendiri mengatakan, rencana pembangunan fly over itu sendiri berdasarkan pertemuan di Bandung bersama para pengembang dan kepala desa yang akan dilalui Fly Over. Dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 120 miliar lebih. Halim sendiri sangat mendukung pembangunan Fly Over di Pasar Kosambi untuk mengurai kemacetan yang kebetulan berada di wilayahnya.
Kendati demikian, lanjut dia, pembangunannya sendiri harus dilihat dari segi sisi positif dan negatifnya. Dimana lokasi pembangunan Fly Over akan berdampak bagi pedagang dan warga sekitar. “Pembangunan Fly Over setuju saja, tapi harus seimbang dengan dampak pembangunannya. Karena setiap pembangunan pasti punya dampaknya seperti adanya pedagang dan warga disekitar berdirinya jembatan layang, makanya ini harus ada solusinya nantinya,” tuturnya.
Sementara itu, hal senada disampaikan tokoh pemuda warga kosambi yang memang menjadi pemerhati lalulintas di wilayah Kecamatan Klari, Riki Nurdiansyah, ketika RAKA meminta tanggapannya perihal rencana Pembuatan fly over. Dirinya mengungkapkan, pembangunan jembatan layang yang melintasi Pasar Kosambi sudah sepatutnya berdiri. Hal ini mengingat kondisi terkini pasar kosambi dari tahun ke tahun tidak ada perbaikan signifikan. Apalagi peran pemerintah kabupaten karawang untuk mengentaskan persoalan kemacetan itupun sejauh ini tidak terlihat.
 “Jelas fly over ini layak berdiri karena jelan layang inilah satu-satunya solusi mengatasi kemacetan disana. Jika menunggu pemerintah tidak akan terealisasi. Boro-boro solusi mengentaskan kemacetan, traffic light yang di pasar kosambi sampai kini pun masih belum menyala. Padahal itukan tinggal niatnya saja, untuk mendesak yang berwenang memfungsikan lampu merah disana," tandasnya. (ian)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template