Disnakertrans Akan Luncurkan Sistem Online Loker - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disnakertrans Akan Luncurkan Sistem Online Loker

Disnakertrans Akan Luncurkan Sistem Online Loker

Written By Mang Raka on Selasa, 09 Agustus 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) melakukan inovasi dalam sistem ketenagakerjaan. Dinas yang dinakhodai Ahmad Suroto tersebut akan mempersiapkan sistem online untuk info lowongan pekerjaan. Sistem tersebut menyusul susahnya mencari informasi lowongan pekerjaan di Karawang.

Suroto mengatakan, pihaknya kedepan akan membuat website info lowongan kerja. Hal ini agar mempermudah masyarakat mencari info lowongan hanya dengan mengakses internet. "Untuk penerimaan tenaga kerja akan satu pintu di Disnakertrans," katanya, Senin (8/8) kemarin.
Selain itu, tambah Suroto, untuk pembuatan kartu pencari kerja atau kartu kuning, bisa dilakukan di tiap-tiap kantor kecamatan. Hal itu untuk mempermudah masyarakat membuat kartu kuning. Pencari kerja kedepannya hanya mendatangi kantor kecamatan, mengakses lowongan pekerjaan. Sementara lamaran dititipkan di kantor kecamatan, selebihnya database yang di kecamatan diserahkan ke Disakertrans. Untuk sistem kontrolnya, akan ada rapat koordinasi secara berkesinambungan.
“Saat ini kami sedang menyiapkan kebutuhan teknis. Untuk kedepannya masyarakat dapat mengakses informasi lowongan pekerjaan di internet. Sementara lamarannya dititipkan ke kantor kecamatan. Kami di Disnaker menerima database dari tiap-tiap kecamatan tersebut. Kami kontrol dengan diadakannya rapat koordinasi secara berkesinambungan,” ujarnya.
Menurutnya, urusan ketenagakerjaan adalah urusan yang sangat penting namun sensitif. Salah dalam menanganinya akan berdampak fatal. Sebab menurutnya soal ketenagakerjaan berhubungan lekat dengan hajat hidup masyarakat luas. Namun demikian, ia mengklaim pihaknya telah melakukan kemajuan dalam menjaring tenagakerja asli Karawang. Terbukti pada Ramadhan lalu, sebanyak 2504 orang warga Karawang dilepas untuk bekerja di beberapa perusahaan yang ada di Karawang.
“Urusan ketenagakerjaan ini tidak semudah yang dibayangkan. Ini hal yang penting namun sensitif. Kami juga peduli terhadap warga Karawang, kami buktikan dengan kinerja. Bulan puasa lalu kami lepas angkatan kerja sebanyak 2504 orang, nanti Insha Allah di hari jadi kabupaten Karawang kami adakan pelepasan tenagakerja lagi, minimal sama angkanya dengan yang kemarin,” tuturnya.
Ia menambahkan terkait progres pelatihan yang dimotori oleh BLK, katanya sudah ada kerjasama antara pemerintah dengan pihak swasta untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat Karawang, baik pelatihan untuk dapat keahlian bekerja di perusahaan maupun untuk berwiraswasta. Sementara itu pihaknya menyatakan baru membangun dua kantor BLK, yakni di Kecamatan Pangkalan dan Kecamatan Rengasdengklok. Kedepannya ada dua BLK yang dibangun, yakni Kecamatan Kotabaru dan Cilamaya Kulon. “Kami juga memberitahukan, pemerintah sudah bekerja sama dengan pihak swasta untuk memberikan pelatihan secara cuma-cuma kepada masyarakat Karawang untuk meningkatkan keahlian bekerja untuk ditempatkan di perusahaan-perusahaan maupun untuk berwirausaha,” pungkasnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template