Dilarang Buat Jembatan Sembarangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dilarang Buat Jembatan Sembarangan

Dilarang Buat Jembatan Sembarangan

Written By Mang Raka on Rabu, 03 Agustus 2016 | 14.00.00

KUTAWALUYA,RAKA- Banyak jembatan yang melintang di atas irigasi, berpotensi menimbulkan beban dan sumbatan air yang semakin tinggi. Jika sudah demikian, maka luapan air akan menjelma menjadi genangan banjir yang memasuki rumah-rumah warga.
Dedi J Salat, pengamat kebijakan publik kepada RAKA menjelaskan bahwa ia sangat mewanti-wanti masyarakat, supaya tak membangun jembatan seenaknya. "Sekarang coba saja bayangkan, satu rumah pengen punya jembatan sendiri yang menghubungkan rumahnya dengan jalan besar. Kalau sudah begitu, masalah lain akan muncul," ungkap dia.
Masalah yang dimaksud ialah soal sumbatan air yang disebabkan oleh eceng gondok. Tumbuhan parasit itu tak bakal bisa melewati hadangan tiang pancang jembatan. Makin lama, eceng gondok pun akan semakin banyak dan beban yang ditimbulkan pun akan semakin berat. "Kalau sudah satu eceng gondok yang nyumbat, nanti eceng-eceng lainnya bakal ikutan. Kalau dibiarkan eceng itu bisa menjadi daratan yang menutupi seluruh badan irigasi," jelasnya.
Sumbatan pun sebenarnya memiliki energi yang besar pula. Apalagi jika debit air naik drastis. "Aliran pun akan semakin deras, jika tertahan dan tersumbat, jembatan pun dikhawatirkan tak sanggup menahan beban berat yang ditimbulkan. Biasanya jembatan yang terbuat dari bambu atau kayu akan miring, bahkan ambruk," tukas pria itu.
Oleh karenanya, dia berharap, warga bisa memahami hal tersebut. Sebab, setegas-tegasnya PJT pun, tetap kesadaran warga lah yang menentukan. "Inti dari semua itu ialah kesadaran. Ayo kita jaga fasilitas pengairan kita agar tetap baik dan berguna. Bukan justru ikut berperan menimbulkan bencana," tutupnya. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template