Desa di Tempuran Harus Akuntabel - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa di Tempuran Harus Akuntabel

Desa di Tempuran Harus Akuntabel

Written By Mang Raka on Rabu, 03 Agustus 2016 | 14.30.00

TEMPURAN, RAKA - Hari ini Rabu (3/8), 14 desa secara bertahap bakal digarap inspektorat dalam rangka pemeriksaan reguler di Kecamatan Tempuran. Diawali Desa Lemahsubur dan Lemahduhur, tim Inspektur Pembantu (Irban) 1 Inspektorat Karawang itu akan memeriksa keuangan daerah yang sudah digelontorkan ke sejumlah kecamatan di Tempuran ini. Dalam sehari, inspektorat rencananya memeriksa dua desa sekaligus.
Kata Staf Ekbang Kecamatan Tempuran, Nana Taryana Sutisna, mengatakan pemeriksaan kecamatan oleh inspektorat sudah dilakukan pada Senin (2/8) kemarin. Kemudian menyusul hingga menjelang Agustus mendatang ada 14 desa. Desa yang akan menggelar pemeriksaan perdana adalah Desa Lemahduhur dan Lemahsubur. Satu hari digarap 2 desa. Ia menyarankan agar hal-hal yang belum disempurnakan baik mengenai pembangunan maupun persoalan administrasi segera diselesaikan. Semisal Surat Pertanggungjawaban (SPJ), proposal dan lainnya. Sehingga, apa yang akan menjadi temuan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) bisa ditindaklanjuti dengan cepat. Karena apa yang diperiksa merupakan wujud pertanggungjawaban pemerintahan desa terhadap Pemerintah Daerah (Pemda).
Pemeriksaan terus mantan Sekdes Ciparagejaya ini, jangan dibuat menjadi momok yang menakutkan. Namun harus disikapi dengan baik untuk menciptakan iklim yang baik pula bagi tata kelola pemerintahan. Terutama pertanggungjawaban kepada masyarakat. "14 desa siap digarap sampai akhir Agustus mendatang. Semoga nanti apapun ketidaksempurnaan dalam LHP bisa disikapi cepat oleh pemerintahan desa," jelas dia.
Sementara itu, Kasie Pemerintahan Kecamatan Tempuran H Hamidi mengatakan paska kecamatan diperiksa, ia yakin kekurangan yang ada bisa segera ditindaklanjuti. Toh, klaim dia, temuannya pun tidak terlalu tinggi dan semuanya masih bisa diatasi. Begitupun di desa-desa, sebut Hamidi, dari LHP yang sudah ada saja, hampir semuanya sempurna mendekati 100 persen. Ia pun mewanti-wanti agar desa bisa mempertanggungjawaban fisik dari ADD, honor perangkat desa, pemberdayaan pemerintahan desa hingga administrasi dengan rapi. Sehingga apa yang belum terpenuhi semisal pajak, segera disempurnakan maksimal. "Semoga saja tidak ada temuan yang belum dipenuhi saat pemeriksaan di desa-desa tersebut," pinta dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template