Dalam 40 Hari Prototipe Harus Selesai Dibangun - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dalam 40 Hari Prototipe Harus Selesai Dibangun

Dalam 40 Hari Prototipe Harus Selesai Dibangun

Written By Mang Raka on Senin, 15 Agustus 2016 | 12.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA- Sempat tertunda setahun lamanya, dana prototipe kantor desa tahap 2 sebesar 40 persen sudah cair sejak Juni lalu. Namun, bagi desa-desa yang terjatah, diminta segera menyelesaikan pembangunannya sebelum batas 40 hari paska pencairan. Bahkan, untuk memastikan tepat waktu, BPMPD menurunkan tim ke desa-desa untuk meninjau penyelesaian.
Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Pemerintahan Desa BPMPD Karawang, Budiman Achmad mengatakan, prototipe kantor desa harus sudah selesai pembangunannya selama 40 hari setelah dana tahap ke 2 cair. Karenanya, mengantisipasi pembangunan yang tinggal 40 persen lagi paska tahap 1 selesai, ia menurunkan tim untuk menyisir agar semua rampung. Namun, diakui Budiman, sejauh ini desa sudah banyak yang memasang kusen-kusen, karena beberapa lambat akibat kesulitan tenaga kerjanya dan kendala teknis lain. Maka dari itu, ia harapkan penyelesaian fisik berikut pertanggungjawabannya bisa segera diselesaikan. "Kita turunkan tim menyisir sejauh mana penyelesaian fisik di lapangan untuk distribusi tahap 2 ini, karena batasnya 40 hari setelah pencairan Juni lalu," jelas dia.
Lebih jauh Budiman menambahkan, tahun depan merupakan tahun terakhir pembangunan prototipe kantor desa di Karawang. Masih ada 29 desa lagi. Meskipun demikian, pihaknya ingin agar ada perubahan yang diperkenankan TAPD, melihat dan mengutamakan yang prioritas.
Sebab, diakui Budiman, masih saja ada desa yang belum bisa memenuhi syarat dibangunkan prptotipe akibat persoalan status tanah yang tak kunjung dimiliki desa, maupun syarat yang luasnya wajib 450 meter. Kepastian hukum ini mesti dilakukan, agar tidak menimbulkan gejolak di kemudian hari. Tapi ada pula sebut Budiman desa yang tidak memungkinkan dibangun karena kantor desanya sudah sangat representatif, yaitu Desa Bengle dan Anggadita. Disana, kantor desa sudah dibangun dengan mewah meskipun tanpa bantuan dari APBD. "Rencana tahun depan itu terakhir, sebanyak 29 desa lagi, tapi yang prioritas dan memenuhi syarat saja yang diusulkan," kata dia. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template